Inilah 13 Fakta Katy Jurado yang Nampang di Google Doodle

HIGH NOON: Katy Jurado (kiri) saat bermain dalam film "High Noon" tahun 1952. Katy aktris Meksiko pertama yang mampu menembus industri film Hollywood. | Foto: Capture Youtube
HIGH NOON: Katy Jurado (kiri) saat bermain dalam film “High Noon” tahun 1952. Katy aktris Meksiko pertama yang mampu menembus industri film Hollywood. | Foto: Capture Youtube

KATY JURADO aktris Meksiko pertama yang mampu menembus industri film Hollywood. Selasa (16/1) hari ini ilustrasinya nangkring di Google Doodle. Namun banyak hal tersembunyi yang belum diketahui publik. Ini dia 13 fakta tentang kembang Guadalajara, dikutip dari IMDB:

  1. Katy Jurado memperoleh 22 pound dalam 22 hari untuk memainkan peran Annie Lightcloud dalam film “Stay Away, Joe” (1968). Beberapa hari sebelum syuting, tulang kakinya sempat patah dan melepaskan pemerannya sebelum waktunya. Katy menjelaskan bahwa dia lemas selama bermain film tersebut.
  2. Mantan suaminya, Ernest Borgnine, menyebut Katy sebagai perempuan “cantik tapi macan”. Sebutan itu merujuk pada keelokan wajah Katy namun di saat yang sama dia juga keras dan “liar”.
  3. Talenta Katy pertama kali ditemukan sutradara film Budd Boetticher pada 1951. Saat itu Budd yang tengah di Meksiko untuk syuting film “Bullfighter dan Lady” (1951) melihat Katy duduk di arena adu banteng. Katy kemudian mendapat peran kecil pada film itu gara-gara ada kata yang tak dimengerti sang sutradara dalam bahasa Inggris.
  4. Ia adalah aktris Meksiko pertama yang dinominasikan untuk Academy Award. Setelahnya Salma Hayek pada 2003.
  5. Pemain film Meksiko yang juga penyanyi Jorge Negrete adalah ayah angkatnya. Jorge Negrete terkenal di Negeri Sombrero itu pada rentang 1940-1950.
  6. Suami Katy Jurado, Ernest Borgnine menjuluki istrinya sebagai “Bullito” yang berarti “Banteng Kecil”.
  7. Paul Kohner (suami Lupita Tovar) adalah agennya di dunia hiburan. Lupita Tovar adalah aktris cantik asal Meksiko yang terkenal pada tahun 1930-an.
  8. Kecantikan Katy menarik perhatian Frank Sinatra yang ingin memacarinya. Meskipun demikian, Katy menolak pernyataan cinta Sinatra dan menawarkannya untuk menjadi teman.
  9. Selama di Holywood, Katy Jurado berkawan baik dengan aktor Sammy Davis Jr, Burt Lancaster, John Wayne, Frank Sinatra dan Marlon Brando.
  10. Saat syuting film “Barrio de Campeones” (1981) dia menerima kabar bahwa putranya, Victor Hugo Velazquez tewas dalam sebuah kecelakaan mobil di Montemorelos, Nuevo Leon.
  11. Dalam film “High Noon” (1952), Katy Jurado adalah yang pertama dari empat aktris yang memenangi Golden Globe untuk Aktris Pendukung Terbaik dalam film tanpa menerima nominasi Oscar untuk pertunjukan yang sama. Ketiga aktris lainnya itu adalah Hermione Gingold di film “Gigi” (1958), Karen Black di film “The Great Gatsby” (1974), dan Katharine Ross dalam film “Voyage of the Damned” (1976).
  12. Umur Katy terpaut empat tahun lebih tua dari George Maharis, yang bermain memerankan anaknya dalam film “A Covenant with Death”.
  13. Nama Katy Jurado jika dilafalkan begini bunyinya: Kaytee Hur Ah Doe.. !!.•