Ikhtiar Langit Usir Covid-19, PKS Gelar Istighotsah untuk Jatim

ISTIGHOTSAH: PKS Jatim gelar “Istighotsah untuk Jatim Sehat” secara online, Rabu (14/7/2021). | Foto: Barometerjatim.com/IST
ISTIGHOTSAH: PKS Jatim gelar “Istighotsah untuk Jatim Sehat” secara online, Rabu (14/7/2021). | Foto: Barometerjatim.com/IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Prihatin atas lonjakan kasus harian Covid-19 di Jatim, PKS Jatim menggelar “Istighotsah untuk Jatim Sehat” secara online yang diikuti seluruh pengurus dan anggota PKS, serta masyarakat umum, Rabu (14/7/2021).

Istighotsah dipimpin Pengasuh Ponpos Putri Tebuireng yang juga cucu Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari, KH Fahmi Amrullah Hadziq.

Turut pula diundang yakni Wakil Ketua Bidang Pembangunan Keummatan dan Dakwah DPP PKS, KH Mahmud Mahfudz yang memberikan tausiyah serta Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa yang diwakili Wagub Emil Elestianto Dardak untuk memberikan sambutan.

Dalam sambutannya, Emil mengapresiasi ikhtiar langit yang dilakukan PKS Jatim. “Ini ikhtiar langit. Saya mengapresiasi PKS yang telah menggelar istighotsah ini, semoga wabah Covid-19 akan segera hilang dari di muka bumi ini. Terima kasih dan apresiasi karena PKS telah menggelar kegiatan ini,” kata Emil.

Lewat ikhtiar seperti ini, Emil berharap masyarakat Jatim dikuatkan agar bisa terus bergerak, bertindak, dan menjaga kebersamaan. Kegiatan semacam ini sangat diperlukan dalam keadaan yang serba sulit akibat Covid-19.

Emil juga mengakui lonjakan kasus harian Covid-19 di Jatim. Hal ini, menurutnya, karena adanya pembenahan sistem pendataan yang menyebabkan akurasi yang lebih tinggi dalam penelusuran di lapangan.

“Kami terus meningkatkan upaya dan ikhtiar agar semakin efektif, semakin akurat, dan semakin tepat. Upaya kita ini untuk mengantisipasi bagaimana kebutuhan-kebutuhan penanganan medis di rumah sakit,” ujarnya.

Dalam penanganan Covid-19 di Jatim, tandas Emil, Pemprov Jatim membutuhkan kolaborasi untuk terus bekerja sama dan bergotong royong.

“Untuk menangani ujian yang maha berat, butuh berjuang bersama sebagai satu bangsa, kebersamaan umat untuk mengatasi pandemi Covid,” kata Emil.

“Terima kasih atas inisiatif dan ikhitiar PKS Jatim ini. Mari kita beristighfar, bertobat, berdzikir, baca ayat suci Al Qur’an, bershalawat untuk Jatim,” imbuhnya.

Sinergi dengan Pemprov

Sementara itu Ketua DPW PKS Jatim, Irwan Setiawan menyampaikan kesiapannya untuk membangun sinergi dan kolaborasi dengan Pemprov Jatim.

“Melalui pengurus PKS di seluruh Jatim, kami sudah mengaktifkan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 tingkat wilayah, 38 kabupaten/kota se-Jatim,” ujar politikus yang kerap dipanggil dengan Kang Irwan itu.

Gugus Tugas Covid-19, papar Irwan, bertugas untuk mendata dan memperhatikan pengurus, anggota PKS, serta masyarakat di sekitarnya wilayah yang terdampak Covid-19.

“Sudah saya pesankan ke pengurus PKS hingga di tingkat kecamatan dan desa, untuk memperkuat tali silaturahim dan soliditas antara pengurus dan masyarakat,” katanya.

“Harus saling dukung, saling membantu sesama. Dengan dukungan moral, mental spiritual, finansial yang dibutuhkan oleh masyarakat yang terkena musibah Covid-19,” tegas Irwan yang pernah dua periode menjadi anggota DPRD Jatim.

Dia juga menyampaikan, kegiatan istighotsah yang digelar ini merupakan ikhtiar samawi, setelah ikhtiar manusiawi dilakukan.

“Kita iringi ikhtiar-ikhtiar kita dalam menjaga protokol kesehatan, menjaga imunitas, dan mendukung program vaksinasi. Tidak lupa melangitkan doa-doa kita, mengumandangkan istighfar kita kepada Allah Swt,” pungkasnya.

» Baca Berita Terkait PKS Jatim