Hitung Cepat KPU: Khofifah-Emil Unggul 7,4 Persen

KHOFIFAH UNGGUL JAUH: Hitung cepat KPU lewat sistem informasi penghitungan, sementara Khofifah-Emil unggul 7,2 persen atas Saifullah-Puti. | Grafis: Capture Situng KPU
KHOFIFAH UNGGUL JAUH: Hitung cepat KPU lewat sistem informasi penghitungan untuk sementara Khofifah-Emil unggul 7,2 persen atas Saifullah-Puti. | Grafis: Capture Situng KPU

SURABAYA, Barometerjatim.com – Hasil penghitungan cepat Komisi Pemilihan Umum (KPU) lewat Sistem Informasi Penghitungan (Situng) berbanding lurus dengan quick count sejumlah lembaga survei yang memenangkan Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim 2018.

Data sementara yang ter-upload di situs resmi KPU hingga pukul 16.16 WIB, Kamis (28/6), dari 50.349 (74.43 persen) dari total 67.644 TPS di 38 kabupaten/kota di Jatim, Khofifah-Emil meraih 7.628.284 (53.70 persen) atau unggul 7,4 persen dari rivalnya, Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno.

Komisioner KPU Jatim, Muhammad Arbayanto, menjelaskan, hingga Kamis siang sudah di atas 50 persen data scan C dan C1 yang masuk. Bahkan, ada delapan kabupaten/kota yang data hasil pemungutan suaranya sudah masuk seratus persen.

• Baca: Khofifah Menang, PKB-PDIP 3 Kali Tumbang di Pilgub Jatim

Dia juga membenarkan untuk sementara Khofifah-Emil ungguh atas Gus Ipul-Puti versi Situng. Kendati demikian, dia menandaskan KPU tetap berpegang pada rekapitulasi hasil penghitungan suara secara manual.

Saat ini, proses rekapitulasi berjalan di tingkat kecamatan sampai 3 Juli, lalu rekapitulasi tingkat kabupaten/kota mulai 4 sampai 6 Juli. Selanjutnya rekapitulasi tingkat provinsi mulai 7 sampai tanggal 9 Juli.

“Dalam proses rekapitulasi berjenjang ini mungkin saja ada perbaikan-perbaikan di formulir C atau C1. Artinya bisa saja ada salah hitung, salah tulis. Tetapi berdasarkan pengalaman sebelumnya, presisi kesalahan tidak jauh, tidak sampai satu persen,” tandasnya.

• Baca: Menang Mantap! Khofifah: Ini Kemenangan Rakyat Jawa Timur

Sekadar tahu, selain rekapitulasi manual, KPU Jatim juga menerapkan penghitungan cepat bernama Situng yang bisa diakses secara online. Penghitungan Situng KPU berdasarkan scan Formulir C dan C1 dari 67.664 TPS.

Sementara dalam quick count semua lembaga survei, Khofifah-Emil juga leading dengan keunggulan rata-rata tujuh persen. Hingga hari ini banyak karangan bunga ucapan selamat, serta tokoh yang datang langsung ke kediaman Khofifah di Jemursari, Surabaya.