Hari Lansia, Budenya Jatim Raih Penghargaan dari Kemensos

PENGHARGAAN: Nina Soekarwo menerima penghargaan dari Kemensos atas kepedulian dan pengabdiannya terhadap lansia. | Foto: IST
PENGHARGAAN: Nina Soekarwo menerima penghargaan dari Kementerian Sosial atas kepedulian dan pengabdiannya terhadap lansia. | Foto: IST

YOGYAKARTA, Barometerjatim.com – Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan penghargaan kepada Nina Soekarwo pada puncak peringatan Hari Lansia Usia Nasional (Halun) ke-22 Tahun 2018 di Lapangan Markas Komando Paskhas TNI AU Detasemen Pertahanan Udara 474, Sleman, DI Yogjakarta, Kamis (5/7).

Istri Gubernur Jatim Soekarwo yang akrab disapa Bude Karwo itu mendapatkan penghargaan sebagai tokoh nasional, atas kepedulian dan pengabdiannya dalam upaya peningkatan kesejahteraan sosial lanjut usia 2018 perseorangan.

Penghargaan diserahkan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani yang didampingi Menteri Sosial, Idrus Marham serta Ketua Lansia, Prof Haryono.

• Baca: Lindungi Lansia, Khofifah Siapkan Pos Kesehatan di Pasar

Menurut Puan, penghargaan itu diberikan kepada Bude Karwo atas dasar penilaian dari tim Kemensos yang turun langsung ke lapangan selama satu tahun pada 2017.

Selain seorang akademisi, Bude Karwo juga berhasil mengabdikan diri dalam peningkatan kesejahteraan lansia di Jatim. Untuk itu, pemerintah memberikan penghargaan tersebut pada Peringatan Halun ke-22.

Sementara usai menerima penghargaan, Bude Karwo menyampaikan penghargaan tersebut dipersembahkan untuk Tim Penggerak (TP) PKK Jatim. Menurutnya, penghargaan tersebut berkat kerja keras PKK dalam melaksanakan Posyandu Lansia. Seperti mengecek kesehatan dan pembinaan oleh Pokja I dan Pokja 4.

• Baca: Gerak Cepat, Mensos Santuni Korban Kebakaran di Pinrang

Hingga saat ini, terdapat 18.571 Posyandu Lansia di Jatim yang kesemuanya digerakkan oleh kader PKK. “Jadi pembinaan psikis, pembinaan kesehatan, dan untuk pemberdayaan ekonominya telah kita kerjakan,” tuturnya.

Bude Karwo juga merasa bangga dan senang. Ke depan, dia berharap agar semua kegiatan yang dilakukan PKK terus berlanjut untuk dapat meningkatkan usia harapan hidup masyarakat, khususnya para lansia di Jatim.