Hari Kedua Masa Tenang, Baliho Paslon Ini Belum Diturunkan

MASIH TERPASANG DI MASA TENANG: Hari kedua masa tenang Pilgub Jatim, Senin (25/6) baliho bergambar paslon di Bratang Binangun, Surabaya, belum diturunkan. | Foto: Barometerjatim.com/WIRA HARLIJADI
MASIH TERPASANG DI MASA TENANG: Hari kedua masa tenang Pilgub Jatim, Senin (25/6) baliho bergambar paslon di Surabaya, belum diturunkan. | Foto: Barometerjatim.com/WIRA HARLIJADI

SURABAYA, Barometerjatim.com – Soal penurunan alat peraga kampanye (APK) paslon di masa tenang, rupanya Bawaslu Jatim dan jajarannya dibuat ‘tak berkutik’. Buktinya, hingga hari kedua masa tenang Pilgub Jatim, Senin (25/6) hari ini, masih tampak baliho ukuran besar bergambar paslon belum diturunkan.

Tak hanya di rumah eks bupati Trenggalek, baliho bergambar calon juga masih terpasang di sejumlah titik di Surabaya. Salah satunya di ruas kawasan perempatan Jalan Raya Bratang Binangun, persis di belakang gedung Gereja Kristen Jawi Wetan.

Dari pantauan Barometerjatim.com di lokasi pagi ini pukul 07.58 WIB, baliho besar yang terpasang tersebut bergambar Cawagub Jatim nomor urut dua, Puti Guntur Soekarno berlatar belakang gambar anggota DPR RI dari Fraksi PDIP, Indah Kurnia.

• Baca: Eks Bupati Trenggalek Abaikan Penurunan APK di Masa Tenang

Di bagian kanan atas dicantumkan gambar Presiden pertama RI, Soekarno dengan tulisan Bulan Bung Karno Juni  2018, Penyambung Lidah Rakyat Indonesia.

Meski ‘disamarkan’ dengan peringatan Bulan Bung Karno, pemasangan baliho tersebut tetap memuat foto calon, terlebih di masa tenang — mulai Minggu (24/6) kemarin — yang jelas-jelas dilarang KPU.

Hingga berita ini diturunkan, Panwaslu Surabaya belum memberikan respons, termasuk upaya konfirmasi ke pihak Bawaslu Jatim. “Masih rapat di Polda (Jatim),” terang Aang Kunaifi, salah seorang komisoner Bawaslu Jatim ketika dihubungi via ponselnya.