Gus Ipul: Belum Mikir Wakil, Saya Sendiri Belum Punya Partai

DEKATI SEMUA PARPOL: Saifullah Yusuf, memilih berinisiatif mendekati semua Parpol agar mengusungnya maju sebagai calon gubernur di Pilgub Jatim 2018. | Foto: Ist

SURABAYA, Barometerjatim.com – Alih-alih Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mikir calon wakil, sampai saat ini dirinya masih ‘harap-harap cemas’ karena belum ada satu pun partai politik (Parpol) yang siap mengusungnya maju sebagai calon gubernur di Pilgub Jatim 2018.

“Waduh masih belum sempat kepikir, wong saya sendiri belum punya partai kok,” katanya usai nonton bareng Film Kartini, Jumat (21/4).

Apakah sudah ada Parpol yang mendekati? “Nggak, nggak ada, semua teman. Nanti kita lihat lah. Saya sendiri belum sampai ke arah sana,” sergahnya.

Ditanya apakah tetap akan mendekati PDIP pasca dua kekalahan beruntun di Banten dan DKI Jakarta, Gus Ipul menegaskan dirinya tengah mendekati semua partai. “Bahwa nanti siapa yang akan mencalonkan, saya serahkan kepada pimpinan partai,” katanya.

“Saya memang yang mengembil inisiatif (untuk melakukan pendekatan dengan semua Parpol). Siapa tahu ada gagasan yang sama untuk memajukan Jatim.”

• Baca: Pengamat Mulai Ragu Gus Ipul Dapat Parpol

Di sisi lain, Gus Ipul melihat Pilgub Jatim 2018 tak akan sepanas Pilgub DKI Jakarta 2017. Kalaupun ada ‘pertarungan’, katanya, tapi gaya dan modelnya tetap Jawa Timuran.

“Mudah-mudahan tidak ada isu-isu (seperti di Pilgub DKI), karena (di Jatim) beda keadaannya, beda jumlah penduduknya, jumlah kabupaten-kotanya dan medannya. Itu berbeda,” tandasnya.

Namun dia sepakat kalau politik identitas masih ada di tengah-tengah masyarakat. Bisa jadi apa yang terjadi di Jakarta juga menular ke Jatim meski tidak sama persis.

“Di Jawa Timur kan kita bisa runtut dari belakang sampai sekarang, perolehan suara dan perkembangan dinamika sosial politik dari sejak kemerdekaan sampai sekarang. Jadi bisa kita telusuri,” katanya.