Golkar Jatim Jajaki Duet Airlangga-Khofifah, Elektabilitas?

DUET DI PILPRES 2024?: Golkar Jatim jajaki Airlangga Hartarto-Khofifah di Pilpres 2024, elektabilitas? | Foto: Barometerjatim.com/IST
DUET DI PILPRES 2024?: Golkar Jatim jajaki Airlangga Hartarto-Khofifah di Pilpres 2024, elektabilitas? | Foto: Barometerjatim.com/IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Ketua DPD Partai Golkar Jatim, Muhammad Sarmuji menegaskan seluruh warga Partai Beringin di Jatim sudah memantapkan niat, membulatkan tekad, untuk mengusung dan memenangkan ketua umumnya, Airlangga Hartarto sebagai presiden di 2024.

“Dasarnya kita sudah memutuskan dalam Munas, Rapimnas, Rakernas, Rapimda, Rakerda. Tapi dasar sosiologisnya bisa kita lihat, bahwa di Jatim perkembangan popularitas dan elektabilitas Pak Airlangga makin lama makin naik,” katanya di Surabaya, Rabu (20/10/2021).

Menurut Sarmuji, jika sebelumnya popularitas Airlangga di Jatim masih di angka 35%, dalam survei terbaru The Republic Institute periode 1 hingga 13 September 2021 sudah di angka 65,3%. Begitu pula dengan elektabilitas yang sebelumnya nol koma, dalam survei tersebut naik menjadi 4,5%.

“Jadi Pak Airlangga untuk menang Pilpres, khususnya di Jatim, sangat terbuka,” tandas politikus yang juga anggota Komisi XI DPR RI tersebut.

Meski memastikan akan mengusung Airlangga sebagai Capres di 2024, Golkar Jatim belum mengusulkan siapa tokoh yang cocok sebagai Cawapres untuk mendampinginya.

“Kalau itu belum. Memang sebagai orang Jatim, kita berharap ada orang Jatim yang bisa mendampingi Pak Airlangga. Tetapi itu nanti akan kita lihat perkembangannya, apakah cocok secara kerja sama dan cocok untuk menopang elektabilitas,” ucapnya.

Bagaimana dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, cocokkah untuk mendampingi Airlangga di Pilpres 2024?

“Ya Bu Gubernur salah satu yang mungkin layak untuk dipertimbangkan sebagai calon wakil presidennya Pak Airlangga. Calon yang lain juga terbuka,” katanya.

Duet Elektabilitas Rendah

Jika akhirnya Airlangga-Khofifah berduet di Pilpres, sanggupkah pasangan ini tampil sebagai pemenang?

Merujuk hasil survei sejumlah lembaga, elektabilitas Airlangga memang naik tapi tidak meroket, bahkan masih berada di peringkat keempat (4,5%) dalam survei The Republic Institute periode 1 hingga 13 September 2021 dengan 1.225 responden yang tersebar di 38 kabupaten dan kota di Jatim.

Elektabilitas Airlangga tersebut sangat jauh dibandingkan dengan Ganjar Pranowo. Gubernur Jateng itu ternyata lebih dipilih warga Jatim dengan tingkat keterpilihan 31,4%.

Menyusul di bawahnya Ketua Umum DPP Partai Gerindra/Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto (23%) dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (12,3%).

Khofifah? Malah terlempar dari lima besar dengan elektabilitas 3,2%, masih kalah dengan Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY/3,3%) kendati survei ini mengambil responden warga Jatim.

ELEKTABILITAS RENDAH: Survei The Republic Institute, elektabilitas Airlangga maupun Khofifah masih rendah. | Grafis: Survei
ELEKTABILITAS RENDAH: Survei The Republic Institute, elektabilitas Airlangga maupun Khofifah masih rendah. | Grafis: Survei

» Baca Berita Terkait Pilpres 2024