Gol Tunggal Jalilov! Persebaya Ringkus Madura United 1-0

Selebrasi! Manuchehr Jalilov usai cetak gol ke gawang Madura United. | Foto: Barometerjatim.com/dani iqbaal
Selebrasi! Manuchehr Jalilov usai cetak gol ke gawang Madura United. | Foto: Barometerjatim.com/dani iqbaal

SURABAYA, Barometerjatim.com – Sambutlah Manuchehr Jalilov! Pemain asal Tajikistan itu menjadi pahlawan Persebaya setelah mencetak gol tunggal di menit ke-64, saat menjamu Madura United pada leg pertama semifinal Piala Presiden di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Rabu (3/4/2019).

Kemenangan 1-0 membuka asa Persebaya untuk lolos ke final. Pasukan Djajang Nurdjaman tinggal membutuhkan hasil seri — berapa pun skornya — saat leg kedua semifinal di kandang Madura United.

Dalam laga tersebut, kedua tim bermain dengan strategi terbuka, saling menyerang. Persebaya bahkan mendapat tekanan di 15 menit awal laga, saat Alberto Beto Goncalves mencoba membuka gol di menit ke-4 namun gagal.

Begitu pula dengan percobaan dari Zah Rahan di menit ke-8 yang masih bisa diamankan kiper tuan rumah. Serangan mengancam gawang Persebaya juga dilakukan Alexander Rakic di menit ke-12 namun membentur barisan pertahanan Bajul Ijo — julukan Persebaya.

Terus mendapatkan tekanan, Persebaya berusaha menyerang balik lewat kaki Manuchehr Jalilov di menit ke-20. Namun tendangan mantan pemain Sriwijaya FC itu terlalu lemah, sehingga mudah saja bola diamankan kiper Madura United.

Madura lantas merespons serangan berbahaya Persebaya lewat Beto Goncalves di menit ke-22 namun kembali digagalkan kiper Persebaya, Miswar Saputra. Semenit berselang, giliran gelandang Persebaya Irfan Jaya nyaris membuat gol, andai peluang yang terjadi akibat kemelut di depan gawang Madura United bisa diselesaikan dengan baik.

Menit ke-25, Miswar Saputra kembali menjadi penyelamat Persebaya. Bola sepakan Alexander Rakic bisa ditepis dengan baik. Persebaya kemudian berusaha mengubah skor, namun tendangan jarak jauh Amildo Balde di menit ke-35 meleset tipis di sisi kanan gawang Madura United yang dikawal M Ridwan.

Selanjutnya, kedua tim bermain sedikit mengatur tempo meski sesekali melakukan serangan lima menit sebelum akhir babak pertama, hingga kedudukan masih sama kuat tanpa gol.

Ubah Strategi

Andik Vermansyah (kanan) mencoba lepas dari kawalan Irfan Jaya. | Foto: Barometerjatim.com/dani iqbaal
Andik Vermansyah (kanan) mencoba lepas dari kawalan Irfan Jaya. | Foto: Barometerjatim.com/dani iqbaal

Memasuki babak kedua, kedua tim mulai mengubah strategi dengan membongkar pemain. Persebaya mengganti M Alwi Slamet dengan M Hidayat, sedangkan Madura United mengganti dua pemain sekaligus, Alfath Faathir dengan memasukkan Andik Rendika Rama dan menarik keluar David Laly diganti Andik Vermansyah.

Masuknya Andik langsung membuat ancaman gawang Persebaya menit ke-59, namun bola masih melambung di atas mistar.

Namun di menit ke-64, Manuchehr Jalilov membuat 50 ribu Bonek bersorak, setelah bola sundulannya hasil umpan Amildo Balde tidak bisa diantisipasi Ridwan, dan mengubah skor 1-0 untuk tuan rumah.

Setelah unggul, Persebaya tidak mengendorkan serangan. Misbakhus Solikin nyaris menambah gol jika tendangan bola datarnya gagal di hadang kiper Madura United di menit ke-82.

Pun Andik Vermansyah nyaris menyamakan skor enam menit sebelum laga berakhir, namun tendangan voli jarak jauhnya masih melambung tipis di atas mistar gawang Miswar Saputra. Hingga akhir laga skor tetap 1-0 untuk Persebaya.

Laga leg kedua semifinal akan dilangsungkan di kandang Madura United, Stadion Gelora Ratu Pamelingan Pamekasan Madura, Sabtu (6/4/2019) mendatang.•

» Baca Berita Terkait Persebaya, Piala Presiden, Madura United