Gara-gara Bilang Idiot! Ahmad Dhani Divonis 1 Tahun Penjara

VONIS 1 TAHUN: Ahmad Dhani saat menjalani sidang putusan perkara ujaran idiot di PN Surabaya. | Foto: IST
VONIS SATU TAHUN PENJARA: Ahmad Dhani saat menjalani sidang putusan perkara ujaran idiot di PN Surabaya. | Foto: IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Ahmad Dhani Prasetyo dinyatakan bersalah dalam perkara ujaran idiot. Majelis hakim menyebut musisi kondang itu terbukti melakukan pencemaran nama baik, dan menghukumnya satu tahun penjara.

“Menjatuhkan pidana selama satu tahun penjara pada terdakwa Ahmad Dhani Prasetyo,” ujar Ketua Majelis Hakim, R Anton Widyopriono dalam persidangan di Ruang Cakra Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Selasa (11/6/2019).

Vonis ini enam bulan lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), yang menuntut suami Mulan Jameela itu 18 bulan penjara dalam persidangan 23 April lalu.

Pada sidang vonis ini, amar putusan majelis hakim menyatakan Dhani bersalah melanggar Pasal 45 ayat (3) jo pasal 27 ayat (3) UU RI No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronika (ITE).

Dalam pertimbangan majelis hakim, hal yang meringankan di antaranya terdakwa dianggap sopan selama persidangan. Selain itu, Dhani juga kooperatif selama menjalani masa persidangan.

Sedangkan hal yang memberatkan, di antaranya terdakwa mengaku tidak bersalah, dan masih menjalani hukuman dalam kasus ujaran kebencian yang kini masih dalam tahap kasasi.

“Atas putusan ini, silakan saudara berkonsultasi dengan pengacaranya,” kata Hakim Anton. Namun Dhani langsung menjawab, “Saya banding!” tandasnya, tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan pengacaranya.

Hal ini sempat membuat hakim kaget dan menanyakannya kembali pada Dhani. “Kapan? (berkonsultasi dengan pengacara),” tanya hakim. “Sudah!” tegas Dhani.

Sebaliknya JPU dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim, Harry menyatakan pikir-pikir atas vonis hakim. “Kami pikir-pikir,” ucapnya.

Sebelumnya, akibat video blog (vlog) yang dibuat di Hotel Majapahit, Surabaya, beberapa waktu lalu, Dhani dilaporkan sejumlah orang yang tergabung dalam Koalisi Bela NKRI ke Polda Jatim. Dhani menyebut kata “idiot” dalam vlog tersebut.

» Baca Berita Terkait Ahmad Dhani, Ujaran Idiot