Eri-Armuji Tampil Wow di Debat, Elektabilitas Bisa Melesat!

TAMPIL WOW: Eri Cahyadi-Armuji tampil wow saat debat publik perdana Pilwali Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
TAMPIL WOW: Eri Cahyadi-Armuji tampil wow saat debat publik perdana Pilwali Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Tampil wow saat debat publik perdana Pilwali Surabaya 2020, elektabilitas pasangan nomor dua, Eri Cahyadi-Armuji diyakni bakal melesat.

Hal itu terangkum dari tiga panelis, yakni Andri Arianto (akademisi UINSA), Ali Yusa (Dewan Pendidikan Surabaya/akademisi Unmuh) serta A Baidowi (alumnus UINSA) yang menghadiri nonton bareng (nobar) debat yang digelar Gerakan Alumni Surabaya Satu (GASS), Rabu (4/11/2020) malam.

Dalam debat, Eri-Armuji dinilai lebih menguasai materi dan sering mematahkan serangan pasangan nomor dua, Machfud Arifin-Mujiaman dengan data.

“Paslon satu menguasai permasalahan yang diajukan Paslon dua, dan menjawabnya dengan data yang tidak terbantahkan,” ujar Akademisi UINSA, Andri.

Machfud-Mujiaman, lanjut Andri, cenderung tidak menggunakan data dan seringkali mengatakan berdasar pandangan mata serta hasil blusukan. Tentu saja keakuratan pernyataan tersebut patut dipertanyakan.

“Paslon dua tidak mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan paslon dua terkait data. Paslon dua hanya menghabiskan waktu bicara dengan membelokkan pembicaraan sehingga tidak fokus,” imbuhnya.

Sebaliknya, papar Andri, dalam memberikan keterangan serta pertanyaan balik, Eri-Armuji dianggap lebih kompak dan santun.

“Cawali Eri Cahyadi sangat bersinergi dengan Cawawali Armuji, sedangkan Cawali dua tampak tidak kompak dengan Cawawalinya,” ucap Andri.

Ketiga panelis nobar menyimpulkan, Eri-Armuji dinilai memiliki kemampuan dan cukup kapabilitas untuk memimpin serta melanjutkan pembangunan di Surabaya.

Sebelumnya, dari rilis tiga lembaga survei elektabilitas Eri-Armuji melibas Machfud-Mujiaman. Yakni internal PDIP (unggul 6 persen), Pusat Demokrasi dan Hak Asasi Manusia atau PusdeHAM (unggul 6,5 persen), serta Populi Center (3,3 persen).

Namun dalam survei Poltracking Indonesia, Machfud-Mujiman balik mengungguli Eri-Armuji. Selisihnya pun tak tanggung-tanggung: 17,6 persen.

» Baca Berita Terkait Pilwali Surabaya