Emil Navigasi Program di Daerah Penghasil Kopi Terbaik Dunia

SAMBUTAN HANGAT WARGA: Emil Dardak disambut hangat warga Dampit, Malang, Senin (11/6). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
SAMBUTAN HANGAT WARGA: Emil Dardak disambut hangat warga Dampit, Malang, Senin (11/6). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

MALANG, Barometerjatim.com – Emil Elestianto Dardak terus bergerak memaksimalkan navigasi program. Senin (11/6), Cawagub Jatim nomor urut satu itu mengunjungi Desa Srimulyo, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang.

Dalam kunjungan ke daerah yang dikenal sebagai penghasil kopi terbaik dunia tersebut, Emil ditemani mantan Wali Kota Malang yang juga mantan politikus PDIP Kota Malang, Peni Suparto.

“Saya bareng Pak Peni mengunjungi Dampit, untuk meninjau langsung daerah yang dikenal sebagai penghasil kopi terbaik dunia. Alhamdulillah sambutan warga luar biasa,” tutur Emil.

Suami Arumi Bachsin itu berharap, produksi kopi Dampit harus ditingkatkan mengingat pasar kopi, baik lokal maupun ekspor masih sangat besar yang bisa berujung pada peningkatan kesejahteraan petani.

• Baca: ‘Disindir’ Risma, Emil: Pendidikan Ya Gratis Ya Berkualitas!

“Potensi kopi di Dampit sangat luar biasa, kualitas kopi robusta-nya diakui dunia. Local demand kita tinggi. Itu peluang dan masih besar sekali untuk diisi baik lokal maupun ekspor, makanya produksi harus kita tingkatkan,” terang Emil.

Dorongan Emil ini tidak main-main, karena  dia sudah membangun Taman Teknologi Kopi di Trenggalek. Sementara peningkatan produksi kopi di Dampit bisa dilakukan dengan hadirnya pemerintah untuk melakukan pendampingan mulai hulu hingga hilir.

“Curah hujan yang tinggi juga menjadi penentu rendahnya hasil biji kopi dari petani. Karena itu pendekatan teknologi sangat penting diperkenalkan dan diterapkan pada para petani,” tandasnya.