Elektabilitas Khofifah-Emil Naik, Tim Fokus Amankan Suara

AMANKAN SUARA: Renville Antonio (kiri) dan Agus Maimun saat menghadiri rilis survei Surabaya Survey Center (SSC) di Surabaya, Jumat (27/4). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
AMANKAN SUARA: Renville Antonio (kiri) dan Agus Maimun saat menghadiri rilis survei Surabaya Survey Center (SSC) di Surabaya, Jumat (27/4). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – Menanggapi hasil survei Surabaya Survey Center (SSC), Sekretaris Tim Pemenangan Khofifah-Emil, Renville Antonio mengaku puas namun pihaknya harus tetap bekerja keras karena masih ada 63 hari lagi menuju pemungutan suara. Salah satu fokus yang akan dilakukan tim yakni pengamanan suara.

“Tak bisa dipungkiri paslon kami semakin hari semakin meningkat, perkara (kenaikan) tajam atau tidak itu masing-masing hasil survei,” kata Renville usai rilis survei SSC di salah satu hotel di Surabaya, Jumat (27/4).

Sebaliknya, tandas Renville, “Paslon lain (Gus Ipul-Puti) semakin hari semakin menurun. Kita masih ada 63 hari lagi dan percepatan akan terus kami lakukan.”

• Baca: 63 Hari Lagi Coblosan! Survei: Khofifah-Emil Unggul 1,9 Persen

Anggota DPRD Jatim itu menambahkan, selama empat bulan terakhir hasil kerja timnya — mulai Parpol hingga relawan — juga patut diapresiasi. Dia mencontohkan hasil surve SSC pada Desember 2017 masih menyebut Gus Ipul lebih mendominasi generasi Y dan Z.

“Nyatanya, saat ini sudah berubah. Jadi menurut kami ini sudah berjalan sesuai yang kami lakukan. Strategi yang kami lakukan sudah benar, tinggal perlu percepatan-percepatan ke depan,” katanya.

Salah satu fokus saat ini, tandas Renville, yakni pengamanan suara. Dia juga bersyukur karena jaringan di grass-root sudah membuat kanal tersendiri, mulai pasukan pengawal suara hingga pasukan pengamanan TPS.

• Baca: SBY-AHY ke Jatim, Elektabilitas Khofifah-Emil Naik 7 Persen

“Mereka membentuk sendiri, karena merasa ada hal-hal yang akan diamankan terkait perolehan suara. Apalagi semakin hari dukungan Khofifah-Emil semakin tinggi, tapi mereka khawatir saat hari H ada hal-hal kurang baik terjadi. Kami akan fokus di situ juga,” tuntasnya.

Dalam rilis survei SSC tersebut, elektabilitas (tingkat keterpilihan) Khofifah-Emil Dardak mencapai 41,1 persen atau menyalip rivalnya, Saifullah Yusuf-Puti Guntur (39,2 persen).

Selisih angka 1,9 persen ini merupakan lonjakan jempolan bagi Khofifah-Emil serta timnya, karena dalam tempo empat bulan mampu menaikkan elektabilitas hingga 7,2 persen dari 33,9 persen pada Desember 2017 menjadi 41,1 di April 2018.