Elektabilitas Gus Ipul-Puti Jeblok, PDIP Sentil Gerindra-PKB

JANGAN SETENGAH HATI: Sri Untari (kiri) menyentil Hendro. Gerindra dinilai masih setengah hati mendukung Gus Ipul-Puti. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
JANGAN SETENGAH HATI: Sri Untari (kiri) menyentil Hendro. Gerindra dinilai masih setengah hati mendukung Gus Ipul-Puti. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – PDIP Jatim rupanya ‘tersengat’ dengan hasil survei terbaru yang dirilis Surabaya Survey Center (SSC). Merasa sudah bekerja keras, tapi elektabilitas paslon yang diusungnya, Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur malah disalip Khofifah-Emil Dardak di ‘tikungan’ akhir jelang coblosan.

Karena itu, Parpol bergambar kepala banteng moncong putih tersebut meminta Parpol koalisi lainnya, terutama Gerindra, agar jangan setengah hati dalam memenangkan Gus Ipul-Puti. Apalagi masih ada 63 hari sebelum hari H pemungutan suara.

“Saya melihat, partai kami, anak-anak buah kami, sudah menunjukkan kinerja yang tinggi. Justru yang saya dorong Mas Hendro (Gerindra), ojo separuh-separuh Mas. Lek ndukung, ndukung tenananan Mas,” kata Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari saat menjadi pembicara dalam rilis hasil survei SSC di Surabaya, Jumat (27/4).

• Baca: 63 Hari Lagi Coblosan! Survei: Khofifah-Emil Unggul 1,9 Persen

Meski bernada seloroh, sentilan Sri Untari ini membuat para pembicara dan peserta acara ger-geran. Sementara Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jatim, Hendro Tri Subiantoro yang duduk di samping Sri Untari hanya tersenyum.

Sentilan Sri Untari ini sekaligus menunjukkan kalau Parpol pengusung Gus Ipul-Puti — kecuali PDIP — belum habis-habisan dalam upaya memenangi kontestasi Pilgub Jatim 2018. Apalagi perempuan yang juga anggota DPRD Jatim itu juga menyentil Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

“Ini kalau ada Mas Badrut (Tamam, politikus PKB Jatim) saya bilang gitu juga: Mas Badrut ojo separuh-separuh Mas,” tambah Sri Untari, lagi-lagi disambut ger-geran hadirin, tak terkecuali Sekretaris Tim Pemenangan Khofifah-Emil, Renville Antonio serta politikus PAN, Agus Maimun yang juga hadir sebagai pembicara.

TOP OF MIND CAGUB: Jelang pemungutan suara Khofifah Indar Parawansa makin meroket, Gus Ipul kian turun. | Foto: Capture Survei SSC
TOP OF MIND CAGUB: Jelang pemungutan suara Khofifah Indar Parawansa makin meroket, Gus Ipul kian turun. | Grafis: Capture Survei SSC

Selebihnya, Sri Untari mengajak Parpol koalisi pengusung Gus Ipul-Puti agar bekerja lebih keras lagi. “PDIP dan PKB itu bekerja keras-kerasan, selesai sebenarnya. Tapi saya tahu PKB di dalamnya banyak Muslimat NU. Dari 20 kursi (di DPRD Jatim) yang delapan kursinya Muslimat NU itu. Saya tahu persis itu,” katanya.

“Maka ini PR-nya mereka sebagai pendukung utama Gus Ipul, bagaimana membuat mereka konsisten pada keputusannya sendiri. Ini teman-teman kami harus kami ajak begitu.”

• Baca: Elektabilitas Khofifah-Emil Naik, Tim Fokus Amankan Suara

Sementara Hendro tak banyak memberikan pemaparan atau tanggapan. Dia menyadari kalau masih ada keraguan terkait dukungan partainya ke Gus Ipul-Puti, karena di internal Gerindra sendiri masih banyak pertanyaan terkait keputusan partai.

Tapi itu akan terjawab seiiring kehadiran Ketua Umum DPP Gerindra, Prabowo Subianto yang minggu ini turun ke Jatim.

“Tentu kami akan memberikan keyakinan dan alasan yang kuat kepada para pemilih Gerindra, apalagi nanti Pak Prabowo akan sepanggung bersama Gus Ipul, maka akan lebih meyakinkan lagi,” katanya.