Elektabilitas Fandi Utomo Melejit! Lewati Puti-Bambang DH

Elektabilitas Fandi Utomo (kiri) lewati Puti Guntur (tengah) dan Bambang DH. | Foto: Ist
Elektabilitas Fandi Utomo (kiri) lewati Puti Guntur (tengah) dan Bambang DH. | Foto: Ist

SURABAYA, Barometerjatim.com – Fandi Utomo melejit! Lima hari jelang coblosan Pileg 2019, Caleg DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) nomor urut 3 itu mengukir elektabilitas tertinggi di Daerah Pemilihan (Dapil) Jatim I (Surabaya-Sidoarjo).

Hal itu terpapar dari hasil survei Pileg 2019 khusus Dapil Jatim I, yang digelar lembaga survei Proximity periode 25 Maret-5 April 2019 dan dirilis di Surabaya, Jumat (12/4/2019) sore.

Populasi survei, yakni seluruh warga Surabaya dan Sidoarjo yang memiliki hak pilih. Jumlah sampel 1.350 responden dengan metode multistage random sampling dan memiliki toleransi kesalahan (margin of error) 2,7 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasilnya, Fandi berada di posisi teratas dengan elektabilitas 18 persen. Bahkan melewati dua figur andalan PDIP di Dapil ini, Puti Guntur Soekarno (17,2 persen) dan Bambang DH (16,2 persen).

“Fandi Utomo sangat mengakar di Dapil Jatim I dan ditunjang aktivitas sosial yang tinggi. Semua kalangan dirangkul, tak hanya  NU (Nahdlatul Ulama), semuanya!” ujar Direktur Proximity, Whima Edy Nugroho.

Selain itu, lanjut Whima, pergerakan relawannya juga masif, door to door, ditunjang dengan Alat Peraga Kampanye (APK) yang tak kalah masif dan pesan-pesan yang kreatif.

Di posisi ketiga dan keempat, lanjut Whima,  juga diduduki Caleg PKB, masing-masing Arzeti Bilbina (8 persen) dan Syaichu Islam (6,5 persen). Disusul Adies Kadir (Golkar/3,9 persen) dan Ahmad Dhani Prasetyo (3,8 persen)

Namun beberapa Caleg incumbent yang masih menjabat sebagai anggota DPR RI, menurut Whima, justru mengantongi elektabilitas yang kurang memuaskan. Mereka berada di posisi bawah 10 besar elektabilitas.

“Lucy Kurniasari (Demokrat) misalnya, mendapatkan 2,4 persen, lalu Bambang Haryo (Gerindra) dengan 3,4 persen, dan Sungkono (PAN) yang meraih 3,7 persen,” katanya.

Fandi Cukup Mengakar

Elektabilitas Fandi Utomo lewati dua figur PDIP, Puti Guntur dan Bambang DH. | Grafis: Capture Proximity
Elektabilitas Fandi Utomo lewati dua figur PDIP, Puti Guntur dan Bambang DH. | Grafis: Capture Proximity

Tak hanya elektabilitas, Fandi juga menempati posisi pertama untuk top of mind (21,3 persen). Disusul Bambang DH (19,3 persen), Puti Guntur (16,3 persen), Arzeti (12,7 persen) dan Ahmad Dhani (7,5 persen).

“Logis kalau Fandi juga teratas di top of mind. Namanya cukup mengakar di Surabaya dan Sidoarjo. Saat menjadi anggota DPR RI, dia cukup rajin turun menyambangi konstituennya,” tandas Whima.

Whima menambahkan, tingkat kepercayaan survei ini cukup tinggi, karena sampel berasal dari 49 kecamatan dan 135 desa/kelurahan di Surabaya-Sidoarjo yang terdistribusi secara proporsional di setiap kecamatan.

Dengan demikian, setiap kecamatan terwakili responden yang diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara dilatih. “Quality control sebesar 20 persen dengan metode back-check dan recall,” jelasnya.•

Selain elektabilitas, Fandi Utomo tak terbendung dalam top of mind. | Grafis: Capture Proximity

» Baca Berita Terkait Pemilu 2019, Fandi Utomo