Dukung Khofifah-Emil, PSI Tepis Klaim Kubu Gus Ipul-Puti

SIMBOL MILENIAL: Cawagub Emil Dardak menghadiri Kopdarwilsus DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jatim di Surabaya, Selasa (17/4). | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR
SIMBOL MILENIAL: Cawagub Emil Dardak menghadiri Kopdarwilsus DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jatim di Surabaya, Selasa (17/4). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – Inilah sikap resmi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terkait dukungan di Pilgub Jatim 2018. Parpol yang dinahkodai Grace Natalie itu menegaskan dukungannya untuk pasangan nomor urut satu, Khofifah-Emil Dardak sekaligus menepis klaim kubu Saifullah Yusuf-Puti Guntur.

“Kalau Tsamara (ketua DPP PSI) dianggap mengatakan pernah mendukung Gus Ipul, saya kira tidak,” tegas Ketua PSI Jatim, Shobikin usai Kopdarwilsus DPW PSI Jatim bersama DPD II di Surabaya yang juga dihadiri Emil, Selasa (17/4).

“Artinya belum ada keputusan resmi dari PSI untuk mendukung salah satu calon, dan baru hari ini PSI memutuskan untuk mendukung Khofifah-Emil Dardak.”

• Baca: Gus Ipul Gitu-gitu Aja, Kader PDIP Lebih Memilih Khofifah

Terkait alasan mendukung Khofifah-Emil, Shobikin menegaskan karena pasangan nomor satu selain anti-korupsi juga anti-intoleransi. “Satu kelebihan lain dari Khofifah-Emil, ini merupakan pasangan milenial. Sosok Bro Emil adalah representasi dari milenial dan itu tak terbantahkan,” paparnya.

Sekadar tahu, untuk mempertegas sebagai partai anak muda dan milenial, PSI menyebut kadernya dengan sapaan “Bro” (untuk laki-laki) dan “Sis” (perempuan).

Shobikin menambahkan, usai deklarasi dukungan, pihaknya akan mengerahkan seluruh kekuatan mesin partai hingga tingkat ranting. Lalu, sebagai partai anak muda akan melakukan kampanye — terutama lewat media sosial — secara masif dan terukur.

• Baca: Kasihan! Disebut Puti Alami Gizi Buruk, Keluarga Ini Kena “Bully”

“Serta melakukan sosialisasi pada anak muda maupun pelajar, bahwa kami mendukung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2018,” katanya.

Tak hanya itu, Shobikin memastikan sejumlah petinggi DPP akan turun ke Jatim untuk ambil bagian dalam pemenangan Khofifah-Emil. “Tidak harus ketua umum yang turun, tapi saya pastikan DPP akan turun,” tegasnya.

Peran Generasi Milenial

MOTIVATOR ULUNG: Cawagub Emil Dardak beri motivasi kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) se-Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
MOTIVATOR ULUNG: Cawagub Emil Dardak beri motivasi kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) se-Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

Sementara Emil merasa bersyukur atas dukungan PSI untuk berjuang bersama-sama di Jatim. “Saya kenal baik dengan Sis Grace dan Tsamara. Kami banyak bertukar pikiran dan memiliki pandangan yang sama mengenai politik Indonesia ke depan,” katanya.

Menurut Emil, ada satu idealisme yang bagus mengenai pemuda agar jangan sampai apatis berpolitik. “Pemuda harus berdiri sebagai sebuah entitas politik, yang berani bersuara oke manakala pemerintah benar dan tidak oke manakala salah,” ucapnya.

• Baca: Eks Ketua DPC PDIP Beri Energi Baru Khofifah-Emil di Malang

Dengan berjuang bersama DPW serta 38 DPD PSI di seluruh Jatim, menurut Emil, hal itu memberikan satu semangat bahwa keputusannya maju sebagai Cawagub adalah bagian dari majunya generasi muda untuk berperan dalam pembangunan. “Bukan saya sendirian, tapi ini sebuah jaringan,” tegasnya.

Suami Arumi Bachsin itu menambahkan, “Saya mungkin duduk di eksekutif dan PSI yang menaungi konstituen muda. Ini akan akan menjadi sinergi sangat penting untuk memastikan, bahwa arah pembangunan Jatim tidak bisa mengabaikan keberadan generasi milenial.”