Duh! Serunya Emil-Arumi Antar Babysitter Mudik Lebaran

DISAMBUT MERIAH WARGA: Warga bersuka cita menyambut kehadiran Emil Dardak dan Arumi saat mengantar babysitter-nya ke Desa Hargoretno, Kecamatan Kerek, Tuban, Rabu (13/6). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
DISAMBUT MERIAH WARGA: Warga menyambut kehadiran Emil Dardak dan Arumi Bachsin saat mengantar babysitter-nya mudik ke Desa Hargoretno, Kecamatan Kerek, Tuban, Rabu (13/6). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

Warga dua desa di Kecamatan Tuban dan Probolinggo mendadak riuh. Mereka sama sekali tak menyangka kalau desanya bakal kedatangan tamu spesial jelang lebaran: Emil Dardak dan Arumi Bachsin.

TAK BANYAK majikan yang mau mengantar babysitter dan asisten rumah tangganya pulang kampung untuk mudik lebaran. Terlebih harus meng-cancel sejumlah jadwal penting. Satu dari yang sedikit itu adalah pasangan milenial yang tengah jadi sorotan publik Jatim: Emil Elestianto Dardak bersama istrinya, Arumi Bachsin.

Demi menghormati perempuan yang sejak lama mengasuh dua buah cintanya bersama Arumi, Lakeisha Ariestia Dardak (5) dan Alkeinan Mahsyir Putro Dardak (2 tahun 5 bulan), Emil bersuka cita mengantarkan langsung ke dua tempat sekaligus. Satu ke Tuban dan satunya lagi ke Probolinggo.

Benar saja, kehadiran Emil bersama Arumi mengantarkan babysitter-nya, Siti Rahayu ke rumahnya di Desa Hargoretno, Kecamatan Kerek, Tuban, Rabu (13/6), mengagetkan seisi rumah dan warga. Mereka tidak menyangka bakal kedatangan tamu istimewa dan menganggap hal ini begitu luar biasa.

• Baca: Sapa Calon Buruh Migran, Arumi Beber Program Khofifah-Emil

“Ini sungguh kejutan buat warga Kerek. Kok ada majikan antar pembantunya (babysister) pulang kampung, apalagi seorang pejabat dan artis terkenal lagi,” ujar warga setempat.

Setibanya di rumah Ayu, Emil dan Arumi juga sama sekali tak canggung. Keduanya langsung duduk lesehan, bercengkrama dan foto bersama. Lakeisha malah memilih duduk di pangkuan Ayu. “Kayaknya berat tuh Keisha (sapaan Lakeisha) ninggalin Mbak Ayu,” goda Arumi sambil tersenyum.

Ayu — sapaan akrab Siti Rahayu — pun mengaku terharu sekaligus bangga diantar majikannya mudik. “Senang sekali pastinya, enggak nyangka juga,” katanya berbinar.

Putri dari Keswati ini mengaku jika hubungannya dengan keluarga Emil begitu dekat. “Saya diperlakukan bukan seperti atasan dengan majikan, tapi sebagai sahabat bahkan keluarga sendiri,” tambahnya.

• Baca: Khofifah-Arumi, Dua Wanita Spesial Peduli Pendidikan Anak

Ayu menambahkan, banyak hal menyenangkan yang dilihatnya bersama Anik (babysitter lainnya) dari hubungan mesra penuh kasih sayang, sekaligus keteladanan yang dilihat dan dirasakan langsung saat tinggal bersama Emil-Arumi dan kedua putranya tersebut.

Hal sama dirasakan Arumi. Dia mengaku jika Ayu dan Anik sudah dianggap keluarga sendiri. “Kami senang bisa berbaur seperti satu keluarga, sekalian jalan-jalan ke kampung, ketemu keluarga pengasuh anak saya, susah dijelaskan rasanya,” tuturnya, sembari menambahkan Lakeisha dan Keinan sangat dekat dengan keduanya.

“Sedih juga sih ditinggal mudik, tapi gimana lagi mereka kan punya keluarga dan harus berlebaran di kampung. Duh! pasti indah ya, lebaran di kampung,” tambah Arumi.

Lesehan Bareng Warga

LESEHAN BARENG WARGA: Emil Dardak dan Arumi Bachsin duduk lesehan berbincang hangat dengan warga saat mengantar babysitter-nya musik lebaran. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
TAK CANGGUNG LESEHAN BARENG WARGA: Emil dan Arumi berbincang hangat sambil duduk lesehan dengan warga. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

Keseruan serupa terlihat saat Emil dan Arumi mengantarkan babysitter lainnya ke Probolinggo, tepatnya di Kecamatan Lumbang, daerah yang sangat dekat dengan Gunung Bromo.

Emil dan Arumi bahkan terlihat girang saat berjalan kaki sepanjang 300 meter menyusuri jalan makadam, demi menemani babysitter-nya sampai ke rumah. Ini karena lokasi tak bisa diakses mobil.

“Ini agenda pribadi, kami sudah anggap mbak-mbak ini keluarga sendiri kok. Jadi sekalian jalan sama anak-anak, biar bisa lebih akrab lagi dengan saudara-saudara di Tuban juga Probolinggo,” kata Emil.

Menariknya, meski agenda pribadi, kehadiran Emil malah dimanfaatkan warga untuk menyapa dan berdialog kecil dengan Cawagub pasangan Cagub Khofifah Indar Parawansa tersebut.

• Baca: Hadiri Seminar Milenial Malang, Arumi Disambut Histeris

“Senang pastinya, biasanya cuma lihat di televisi, terutama waktu debat. Kami suka sekali gaya debat dan penguasaan Mas Emil akan data dan materi. Kita makin mantap dukung Bu Khofifah-Mas Emil,” ujar Budianto,  warga setempat.

Emil pun dengan senang hati berdiskusi dadakan tersebut sambil lesehan, sekaligus minta restu warga. Dalam obrolan beragam hal ditanyakan warga, mulai infrastruktur hingga kelangkaan pupuk.

Seperti biasa, Emil menjawab setiap pertanyaan warga dengan runut dan gampang dimengerti. Sementara warga berulang kali menganggukkan kepala tanda setuju sambil sesekali memberikan aplaus.