Duel Klasik Pilgub Jatim Dimulai: Khofifah Versus Gus Ipul

PENETAPAN CAGUB-CAWAGUB: KPU Jatim menetapkan pasangan Khofifah-Emil dan Saifullah-Puti sebagai peserta Pilgub Jatim 2018. | Foto: Barometerjatim.com/NATHA LINTANG
PENETAPAN CAGUB-CAWAGUB: KPU Jatim menetapkan pasangan Khofifah-Emil dan Saifullah-Puti sebagai peserta Pilgub Jatim 2018. | Foto: Barometerjatim.com/NATHA LINTANG

SURABAYA, Barometerjatim.com – Dua kader Nahdlatul Ulama (NU) Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Khofifah Indar Parawansa, untuk kali ketiga bertarung di Pilgub Jatim. Bedanya, jika dia dua Pilgub Jatim sebelumnya (2008 dan 2013) Gus Ipul hanya menjadi ‘ban serep’ Soekarwo, kali ini langsung head to head dengan Khofifah di trek yang sama: Calon gubernur.

Pertarungan keduanya resmi dimulai setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan dua pasangan calon (paslon) peserta Pilgub Jatim 2018, Saifullah berpasangan dengan Puti Guntur Soekarno dan Khofifah didampingi Emil Elestianto Dardak, lewat rapat pleno terbuka di kantor KPU Jatim, Jalan Tenggilis, Surabaya, Senin (12/2).

Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito menuturkan, kedua Paslon dinyatakan memenuhi syarat (MS) setelah pihaknya melakukan penelitian perbaikan terhadap seluruh dokumen persyaratan administrasi dan keabsahan persyaratan paslon.

“Nama Cagub Khofifah Indar Parwansa dan Cawagubnya memenuhi syarat. Juga Cagub Saifullah Yusuf dan Cawagubnya sama-sama memenuhi syarat,” terang Eko didampingi seluruh komisioner KPU Jatim.

• Baca: KPU Jatim Tawarkan Batasan Dana Kampanye Rp 416 Miliar

Saat acara penetapan, dua paslon tidak hadir dan diwakili ketua tim pemenangan masing-masing. Paslo Khofifah-Emil diwakili M Roziqi yang didampingi Sekretaris Tim Pemenangan Renville Antonio, serta perwakilan parpol pengusung. Sedangkan pasangan Saifullah-Puti diwakili Hikmah Bafaqih didampingi Sekretaris Tim Pemenangan, Sri Untari dan jajaran parpol pengusung.

Alhamdulillah, dengan penetapan ini Ibu Khofifah dan Mas Emil sudah sah menjadi calon. Saya rasa ini sudah bagus. Dengan ini kita bisa bergerak lebih cepat dalam rangka pemenangan,” tegas Roziqi.

Senda, pihak Saifullah-Puti juga mengungkap rasa syukurnya atas penetapan KPU ini. “Tidak ada kata lain selain bahagia. Setelah ini kita tancap gas,” tandas Hikmah.

Di Pilgub Jawa Timur kali ini, Khofifah-Emil diusung Partai Demokrat (13 kursi), Golkar (11), Hanura (2), Nasdem (4), PPP (5), PAN (7) dan PKPI (non kursi). Sedangkan Saifullah-Puti diusung PKB (20 kursi), PDIP (19), Gerindra (13) dan PKS (6).