Diwarnai Tarik Ulur, Empat Ketua Fraksi di DPRD Jatim Diganti

KETUA BARU: (Dari kiri atas, arah jarum jam) Ahmad Hadinuddin, Agus Maimun, Agus Dono Wibawanto dan Thoriqul Haq. | Foto: Ist

SURABAYA, Barometerjatim.com – Empat fraksi di DPRD Jatim, PKB, Partai Demokrat, Partai Gerindra dan PKS melakukan pergantian ketua. Pergantian ditetapkan lewat sidang paripurna di Gedung DPRD Jatim, Jl Indrapura, Surabaya, Jumat (28/4).

Ketua Fraksi Partai Demokrat yang semula dijabat Hartoyo diganti Agus Dono Wibawanto. Ketua Fraksi Partai Gerindra, Abdul Halim diganti Hadinuddin. Ketua Fraksi PAN semula diduduki Malik Effendi diganti Agus Maimun. Sedangkan Ketua Fraksi PKB yang semula dijabat Badrut Tamam diganti Thoriqul Haq.

Wakil Ketua DPRD Jatim, Tjutjuk Sunario menerangkan, pergantian ketua fraksi sah-sah saja dan menjadi hak prerogatif partai. Namun demikian setiap pergantian harus memenuhi syarat yang disesuaikan dengan tata tertib (tatib) dewan.

“Seharusnya tadi, selain pergantian ketua fraksi, juga diumumkan pergantian kelengkapan dewan. Namun karena masih ada tarik ulur, diundur tanggal 4 Mei mendatang,” ungkap Tjutjuk.

• Baca: Tanggap Trouble UNBK, Komisi E Apresiasi Kinerja Dindik

Ditambahkan, pergantian kelengkapan dewan diserahkan kepada ketua fraksi yang baru. Dipastikan pergantian ini murni hak prerogatif masing-masing partai yang ada di dewan.

Secara keseluruhan, dari sembilan fraksi di DPRD Jatim, lima fraksi melalukan pergantian komposisi susunan pimpinan periode jabatan 2014-2019. Namun dari kelima fraksi, hanya Fraksi Partai Golkar yang tidak melakukan penggantian ketua.

Sementara itu Agus Maimun mengaku tanggung jawab baru yang diembannya adalah keputusan partai. Sebagai kader dia hanya menjalani keputusan yang ditetapkan partai, terlebih keputusan tersebut melalui pertimbangan matang.

“Semua otoritasnya diserahkan kepada partai. Kami harus menerima dengan lapang dada. Bahkan tadi surat keputusan (dari PAN untuk DPRD Jatim) diserahkan Pak Malik, yang posisinya saya gantikan. Jadi pergantian pimpinan di Fraksi PAN berjalan sangat harmonis,” ungkap Agus.

• Baca: Ekonomi Masih Lesu, PDIP Tolak Pemekaran 10 Wilayah

Terkait nama Basuki Babussalam yang awalnya direncanakan menjadi ketua Fraksi PAN, Agus mengakui memang dibatalkan karena yang bersangkutan mendapat posisi sebagai sekretaris DPW PAN Jatim.

“Saya secara pasti belum mendengar. Tapi kalau itu dikatakan sebagai penolakan, saya tidak sepakat sebab mekanisme pergantian ketua hanya merujuk dari surat partai masing-masing kepada parlemen untuk dibacakan dalam paripurna. Jadi tidak ada wadah atau ruang untuk menolak,” ujar anggota Komisi B itu kepada wartawan.

Soal rumor reposisi fraksi sebagai imbas perubahan struktur di DPW PAN, Agus mengakui alasan subjektifnya bisa saja seperti itu. Namun ini merupakan upaya konsolidasi partai. Semua kebijakan diserahkan otoritasnya pada partai.

“Kita ini hanya menjalankan amanah partai saja,” tegasnya.

PERGANTIAN KETUA FRAKSI

Fraksi Partai Demokrat
• Ketua Lama: Hartoyo
• Ketua Baru: Agus Dono Wibawanto

Fraksi Partai Gerindra
• Ketua Lam: Abdul Halim
• Ketua Baru: Ahmad Hadinuddin

Fraksi PAN
• Ketua Lama: Malik Effendi
• Ketua Baru: Agus Maimun

Fraksi PKB
• Ketua Lama: Badrut Tamam
• Ketua Baru: Thoriqul Haq