Diusulkan Jadi Ketua Timses di Pilpres, Kapolda: Itu Kehormatan

JELANG PENSIUN: Irjen Pol Machfud Arifin (tiga dari kiri), siap ditunjuk menjadi ketua timses usai pensiun dari Kapolda Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ENEF MADURY
JELANG PENSIUN: Irjen Pol Machfud Arifin (tiga dari kiri), siap ditunjuk menjadi ketua timses usai pensiun dari Kapolda Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ENEF MADURY

SURABAYA, Barometerjatim.com – Jelang pensiun dari jabatan Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin mengaku dihubungi pimpinan Parpol dari dua kubu pasangan Capres-Cawapres, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Namun Machfud belum membuat keputusan karena belum resmi pensiun. “Saya terus terang, jujur, dua-duanya (kubu Jokowi-Ma’ruf maupun Prabowo-Subianto) menghubungi saya,” katanya di Surabaya, Rabu (5/9).

“Saya tidak akan terjun ke politik tapi saya akan ikut men-support, karena itu menjadi pilihan dan hak pribadi orang. Tapi kalau saya ditunjuk sebagai tim sukses, saya siap!” tandasnya.

• Baca: PDIP Jatim: Pakde Karwo Terbentur Aturan Kemendagri

Sebelumnya, pimpinan sembilan Parpol koalisi pendukung Jokowi-Ma’ruf mengusulkan empat nama untuk ditunjuk sebagai ketua tim pemenangan wilayah Jatim.

Mereka yakni Gubernur Jatim, Soekarwo; mantan Gubernur Jatim, Imam Utomo; mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan; serta Kepala Polda Jatim yang hampir pensiun, Irjen Pol Machfud Arifin.

Dari keempat nama tersebut, Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, Kusnadi memastikan Soekarwo gugur karena terbentur aturan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

• Baca: Kiai Ma’ruf Minta Dukungan ke Ponpes Sunan Drajat Lamongan

“Kepala daerah tidak boleh menjadi ketua tim kampanye atau timses, otomatis nama Pakde Karwo gugur dengan sendirinya. Tapi nama Pakde Karwo diusulkan sejumlah Parpol koalisi,” katanya.

Mengerucut tiga nama, Machfud disebut-sebut kandidat terkuat. Namun jenderal yang akan segera purnatugas itu mengaku belum tahu soal hasil konsolidasi pimpinan sembilan Parpol koalisi pendukung Jokowi-Ma’ruf.

• Baca: Terinspirasi Khofifah, Kapolda Jatim Bisa Jenderal Wanita

“Saya belum tahu itu isu (diusulkan jadi ketua timses Jokowi untuk Jatim) darimana, tapi kalau memang ditunjuk akan saya pertimbangkan. Itu suatu kehormatan,” katanya.

Apalagi pengabdian Machfud di Polri segera selesai. “Memang saya sudah selesai dalam pengabdian, terhitung besok saya serah terima jabatan oleh Pak Kapolri,” tandasnya.