Diusik Hoax, Loyalis Jokowi Kian Total Menangkan Khoffah-Emil

LOYALIS JOKOWI SOLIDKAN BARISAN: Loyalis Jokowi, Bara JP-RKIH menylodidkan barisan untuk memenangkan Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/MARIJAN AP
LOYALIS JOKOWI SOLIDKAN BARISAN: Loyalis Jokowi, Bara JP dan RKIH menyolidkan barisan untuk memenangkan Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim 2018. | Foto: Barometerjatim.com/MARIJAN AP

SURABAYA, Barometerjatim.com – Semakin terbukti kalau kekuatan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak ditopang dua massa besar pendukung Joko Widodo (Jokowi), yakni Bara JP (Barisan Relawan Jokowi Presiden) dan RKIH (Rumah Kreasi Indonesia Hebat).

Dua organisasi ini diketahui sebagai kelompok masyarakat yang setia mengusung dan menopang suara Jokowi, sejak menjabat gubernur DKI Jakarta hingga menjadi Presiden ke-7 RI hasil Pemilu 2014.

Nah, lewat deklarasi bersama di Surabaya, Rabu (20/6) malam, Bara JP dan RKIH menegaskan totalitas dukungannya untuk memenangkan pasangan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2018.

• Baca: Barisan Relawan Jokowi Sokong Kekuatan Khofifah-Emil

“Kita pastikan, kita mengawal, kita juga sekaligus menangkal banyaknya isu miring, hoax, meme. Kita menangkal tersebut,” kata Ketua Bara JP Jawa Timur, Giyanto Wijaya.

“Ibu (Khofifah) sebagai Gusdurian penjaga kebhinnekaan di Jatim dan bersedia menjadi ibunya seluruh agama, semua suku, kepercayaan, keyakinan, masyarakat yang ada di Jatim.”

Hal sama disampaikan Ketua RKIH Jatim, Erwin Silitonga. Dia menegaskan bahwa loyalis massa Jokowi siap memenangkan pasangan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2018.

• Baca: Khofifah Sentil Basarah: Jangan Runtuhkan Wibawa Presiden!

“Selama ini kita lihat banyak yang mengaku relawan presiden (Jokowi). Ada A, B, ada C. Kami tekankan, kami RKIH pengusung Jokowi dari gubernur. Kita relawan yang sudah diakui dan sudah ada prasastinya,” katanya.

“Khusus di Pilgub Jatim ini kita siap menangkan Bu Khofifah dan Mas Emil sebagai gubernur-wakil gubernur Jatim,” tambahnya, sembari menyebut RKIH sudah sejak lama mendampingi Jokowi dan kini bertranformasi sebagai organisasi masyarakat.

Erwin juga menegaskan, RKIH yang terbentuk atas inisiasi masyarakat tersebut bukanlah organisasi partai. “Sama sekali bukan sayap partai, tidak ada kepentingan partai,” tandasnya.

• Baca: Pengamat: Khofifah-Emil Aliansi Kekuatan Jokowi-SBY

Pihaknya bahkan siap memerangi hoax yang dilancarkan oknum tertentu untuk mencederai perhelatan demokrasi di Jatim. Namun Erwin yakin masyarakat Jatim akan memilih pasangan yang siap menjaga kebhinnekaan.

“Kita harus punya tekad memfilter itu semua. Masyarakat Jatim sudah cerdas menilai mana yang benar, mana yang tidak. Memang SARA paling mudah untuk dibuat memprovokasi. Tapi saya tekankan, Indonesia ini berbagai elemen agama, pluralisme ini harus kita jaga,” pungkasnya.•