Disorot! Akhirnya Baliho Calon di Masa Tenang Dicopot

AKHIRNYA BALIHO PASLON DICOPOT: Baliho paslon sebelum dicopot di hari kedua masa tenang Pilgub Jatim (foto kiri). Setelah menjadi sorotan akhirnya dicopot (foto kanan). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
DICOPOT SETELAH DISOROT: Baliho paslon sebelum dicopot di hari kedua masa tenang Pilgub Jatim (foto kiri). Setelah menjadi sorotan akhirnya dicopot (foto kanan). | Foto: Barometerjatim.com/WIRA HARLIJADI

SURABAYA, Barometerjatim.com – Terkait penurunan alat peraga kampanye (APK) di masa tenang Pilgub Jatim 2018, rupanya kinerja Bawaslu Jatim dan jajarannya tak otomatis ‘nyekrup’ dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

Sudah jelas! Seluruh APK yang terpasang harus bersih di masa tenang mulai Minggu (24/6). Namun Panwaslu Surabaya baru menyopot baliho bergambar salah satu paslon di ruas kawasan perempatan Jalan Raya Bratang Binangun, Surabaya, Senin (25/6) siang alias di hari kedua masa tenang.

Komisioner Bawaslu Jatim, Aang Kunaifi saat dikonfirmasi Barometerjatim.com menuturkan, atas laporkan Ketua Panwaslu Surabaya, Hadi Margo baliho tersebut sudah diturunkan.

• Baca: Hari Kedua Masa Tenang, Baliho Paslon Ini Belum Diturunkan

“Laporan pengawas (Panwaslu Surabaya) (baliho) sudah tidak ada. Tolong dikonfirmasi kembali. Siang tadi sudah diturunkan,” katanya via pesan WhatsApp (WA).

Saat dipertegas jam berapa baliho diturunkan, karena hingga 07.58 WIB masih terpasang? “(Jam) 9,” jawab Aang singkat.

Sore hari, saat Barometerjatim.com memantau kembali di lokasi pukul 16.15 WIB, memang gambar Cawagub Jatim nomor urut dua, Puti Guntur Soekarno yang semula masih terpasang di baliho tak terlihat lagi.

DICOPOT DI HARI KEDUA: Gambar paslon pada baliho di perempatan Jalan Raya Bratang Binangun, Surabaya, baru dicopot di hari kedua masa tenang Pilgub Jatim, Senin (25/6) siang. | Foto: Barometerjatim.com/WIRA HARLIJADI
DICOPOT DI HARI KEDUA: Gambar paslon pada baliho di perempatan Jalan Raya Bratang Binangun, Surabaya, baru dicopot di hari kedua masa tenang Pilgub Jatim, Senin (25/6) siang. | Foto: Barometerjatim.com/WIRA HARLIJADI

Sebelumnya, baliho bergambar paslon di ruas kawasan perempatan Jalan Raya Bratang Binangun ini menjadi sorotan, karena hingga pukul 07.58 WIB atau hari kedua masa tenang Pilgub Jatim 2018 tak kunjung dicopot.

Padahal Komisioner KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro menegaskan kalau pihaknya bersama Bawaslu sudah bersih-bersih APK dan berharap langkah tersebut dicontoh daerah lain.

• Baca: Eks Bupati Trenggalek Abaikan Penurunan APK di Masa Tenang

“Ada 11 titik APK di Surabaya. Harapan kami, dengan adanya penertiban ini, bisa menjadi acuan untuk melakukan langkah serupa di daerah lain,” kata Gogot pada wartawan di sela penertiban APK, Minggu dinihari.

Nyatanya, hingga hari kedua masa tenang Pilgub Jatim 2018, masih ada APK yang belum diturunkan dan baru dicopot siang hari ini setelah mendapat sorotan.