Dilaunching Mentan, Jatim Kirim 60 Ribu Ekor Domba ke Malaysia

KANDANG KARANTINA TANDES: Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman di Kandang Karantina Tandes, Surabaya, Kamis (28/6). | Foto: Barometerjatim.com/NANTHA LINTANG
KANDANG KARANTINA TANDES: Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman di Kandang Karantina Tandes, Surabaya, Kamis (28/6). | Foto: Barometerjatim.com/NANTHA LINTANG

SURABAYA, Barometerjatim.com – Kabar gembira! Untuk kali pertama, Indonesia mengekspor domba. Ini setelah perusahaan peternakan asal Malaysia memesan 60 ribu ekor domba perbulan dari para peternak binaan PT Inkopmar Cahaya Buana (ICB).

Launching perdana ekspor domba ke Malaysia tersebut dilakukan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman di Kandang Karantina Tandes, Surabaya, Kamis (28/6).

“Ini adalah kerjasama yang luar biasa, dimana dulu kita hanya mengekspor 200 ekor, sekarang, hari ini 2.500. Naik 1.000 persen,” kata Amran, di sela meninjau domba-domba siap ekspor di Kandang Karantina Tandes.

• Baca: Perbaiki Sektor Pertanian Jatim, Kadin Gandeng Belanda

Pihak Malaysia, lanjut Amran, selanjutnya memesan puluhan ribu ekor domba perbulan. “Ini luar biasa, ini potensi, untuk pertama kita kirim 5 ribu ekor. Ini potensi, kita harus gunakan semaksimal mungkin dan meningkatkan kesejahteraan petani kita. Kenapa? harganya naik 50-100 persen,” paparnya.

Sementara Direktur PT ICB, M Lukman SN menyampaikan, kerja keras pihaknya hingga berbuah sukses ekspor tak lepas dari semangat para peternak. “Kami mengapresiasi penuh usaha dan upaya peternak kita, khususnya di Jatim,” katanya.

Pengusaha muda ini menjelaskan, potensi ekspor Indonesia sangat besar. Saat ini, populasi domba di Indoensia yang dikelola PT ICB saja mencapai sekitar 35 juta ekor.

• Baca: 70,7 Ton Bawang Bombai Ilegal dari India Dimusnahkan

“Ekspor kita sekitar 60 ribu (ekor) bernilai capaian sekitar Rp 108 miliar dengan skema Rp 9 miliar perbulan, asumsi pengiriman sebanyak 5 ribu ekor pershipment,” ungkapnya.

Lalu, masih kata Lukman, dalam 12 ke depan, pengiriman 5 ribu ekor domba perbulan itu akan mencapai 60 ribu ekor pertahun. “Artinya nilai ekspor ini akan terus ditingkatkan bila peran serta pemerintah dan masyarakat, ikut, bisa terus memberikan sumbangsih,” tandasnya.