Dihuni Jebolan Power Metal, XREAL Rilis Album Perdana

XREAL ALBUM PERDANA: (Dari kiri) Mugix Adam, Endro Eswara, Raymond Ariasz, Lucky Setyo, Arul Efansyah | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
XREAL ALBUM PERDANA: (Dari kiri) Mugix Adam, Endro Eswara, Raymond Ariasz, Lucky Setyo, Arul Efansyah | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – 20 tahun berpisah, lima eks personel rock band Power Metal kembali berkumpul dan membentuk band baru bernama XREAL. Mereka yakni Arul Efansyah (vokal), Lucky Setyo (gitar), Raymond Ariasz (keyboard), Endro Eswara (bass), dan Mugix Adam (drum).

Catat! Kelima dedengkot musik cadas ini adalah bagian dari cerita panjang perjalanan kemegahan musik speed metal di era 1990-an.

Dahsyatnya lagi, kemunculan mereka ditandai dengan launching album bertajuk “Arogansi” yang dihelat di Cafe Kuno Kini, Surabaya, Rabu (9/6/2021).

Tak ayal, kemunculan mereka bakal kembali mewarnai blantika musik cadas Tanah Air, sekaligus angin segar bagi fans yang cukup lama merindukan performa berkelas dari para mastro metal, terutama lengkingan vokal Arul.

Lantas, apa makna dari nama XREAL? Raymond Ariasz menuturkan, nama tersebut tercetus sacara tiba-tiba. Namun secara filosofi, katanya, mereka menginginkan ada faktor X yang bisa menjadi eksistensi band metal ini.

“Bisa juga ini adalah inisial dari kita semuanya, Mugix, Raymond, Endro, Arul, Lucky. Ini yang yang real!” katanya sambil tersenyum.

Terkait album perdana, lanjut Raymond, berisi delapan lagu yang semuanya andalan. Mulai bertema kehidupan, kebangsaan, hingga tentang cinta.

Menurut Raymond, proses pembuatan album dimulai akhir 2020 dan masuk dapur rekaman pada awal 2021. Raymond, Lucky, dan Endro menjadi pelopor penggarapan komposisi musik dan lirik di Studio RMS Surabaya. Project ini juga melibatkan beberapa musisi muda bertalenta.

Kelahiran album ini juga tak lepas dari campur tangan sang leader tim, Novi. Istri Arul tersebut merupakan sosok yang mendorong reuni para punggawa dan mempersiapkan project musik merajut silaturahmi sebagai XREAL. Tim manajemen juga menerbitkan CD dan merchandise.

Arul menambahkan, formasi XREAL merupakan orang lama yang ingin kembali memperkaya musik rock di Indonesia. Sebab, dia melihat selama ini, khususnya metal, sedikit agak menurun.

“Kami ingin musik metal lebih didengar lagi, itu saja tujuan kami sebenarnya. Mudah-mudahan dengan adanya XREAL dunia hiburan, khususnya metal, bisa langgeng kembali seperti dulu,” katanya.

Selain itu, kehadiran XREAL untuk menghibur semua pencinta musik metal di Indonesia dan berharap ada generasi penerusnya.

“Alhamdulillah kami juga bisa kumpul lagi dengan teman-teman setelah puluhan tahun berpisah,” ucapnya.

Golongan Darah Metal

MELENGKING BARENG XREAL: Arul Efansyah, eks vokalis Power Metal yang kini melengking bersama XREAL. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
MELENGKING BARENG XREAL: Arul Efansyah, eks vokalis Power Metal yang kini melengking bersama XREAL. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

Era sudah berubah, begitu pula dengan selera musik, bagaimana XREAL akan merebut pasar sekaligus bertahan?

Menurut Arul, perkembangan musik memang beragam. Tapi hal itu justru menjadi tantangan, karena musik metal tetap punya penggemar walaupun tak sebanyak aliran musik lainnya.

“Kita sih dasarnya haqul yakin. Memang musik kita paling segmented dan kenyataannya grup masih banyak, penikmatnya juga banyak. Sampai sekarang generasi 90-an masih banyak yang mendengarkan rock metal,” tambah Raymond.

Tak hanya itu, tandas Raymond, mereka juga mau membeli dari setiap karya yang ditelorkan. Bahkan, penggemar mengharapkan proses pembuatan album cepat selesai. Itu bukti kalau musik metal masih punya pasar.

Jadi tidak ada keinginan untuk mengubah genre demi menyesuaikan dengan selera pasar kekinian?

“Genre kita tetap heavy metal, karena kita lahir dari generasi yang sudah terbentuk. Apapun yang kita hasilkan akan jadi kompisisi yang seperti itu. Walaupun ada pengaruh ke masing-masing personel, iru sebagai variasi saja,” jelas Raymond.

Endro menimpali, idealisme personel XREAL tak akan goyah di tengah pasar yang kini dimasuki berbagai macam genre. Meski cukup banyak tantangan, baginya  DNA metal tetap melekat. “Golongan darah kita memang metal dari dulu,” ucap Endro.

“Sebuah kebanggaan bahwa kita bisa menyatu kembali seperti dulu, dengan semangat untuk berkarya lewat kekuatan dan kemampuan yang kita miliki saat ini,” timpal Lucky.

ALBUM PERDANA: XREAL, luncurkan album baru bertajuk "Arogansi" untuk membuat musik metal kembali semarak. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
ALBUM PERDANA: XREAL rilis album “Arogansi” untuk membuat musik metal kembali semarak. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

» Baca Berita Terkait XREAL