Di Pasar Pandaan, Emil Berbagi Pengalaman Kendalikan Harga

SAMBUTAN HANGAT: Cawagub Emil Dardak mendapat sambutan hangat dan akrab dari pedagang dan pengunjung Pasar Pandaan, Senin (28/5). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
SAMBUTAN HANGAT: Cawagub Emil Dardak mendapat sambutan hangat dan akrab dari pedagang serta pengunjung Pasar Pandaan, Senin (28/5). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

PASURUAN, Barometerjatim.com – Cawagub Emil Elestianto Dardak kembali blusukan ke pasar tradisional. Senin (28/5) hari ini ke Pasar Pandaan, Pasuruan, untuk melihat ketersediaan stok sembako dan stabilitas harga menjelang lebaran.

Menurut Emil, sudah jamak kalau sejumlah komoditas bakal mengalami kenaikan saat bulan puasa dan terus naik hingga  lebaran. “Hukum pasar tetap berlaku memang, harga merangkak naik karena naiknya permintaan,” katanya.

“Namun tugas negara harus bisa memastikan kenaikan harga wajar dan terkendali, termasuk di dalamnya ketersediaan stok tetap aman.”

• Baca: ‘Bobol’ Basis Gus Ipul, Emil Didukung Kiai dan Ribuan Santri

Bupati non aktif Trenggalek itu lantas berbagi pengalaman kala dia sangat konsen memelototi dinamika harga dan stok pangan selama puasa, terlebih menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Waktu itu kita menggandeng stakeholders terkait untuk melakukan operasi pasar di saat harga beberapa komoditas pasar melambung tinggi. Inilah yang pernah kita lakukan sebagai kepala daerah di Trenggalek,” katanya.

“Cuma titik operasi pasarnya yang perlu kita lihat. Sebagai contoh, kadang-kadang di daerah pegunungan yang konturnya luas, tentunya kalau ditaruh di ibu kota pasti tidak menjangkau. Jadi kendala-kendala seperti inilah yang belum diperhatikan.”

• Baca: Unggul Telak di Hasil Survei, Emil Makin Gencar Blusukan

Karena itu, Emil menegaskan koordinasi dan komunikasi lintas instansi menjadi penting. Terlebih suami Arumi Bachsin itu punya pengalaman berkoordinasi dengan Bank Indonesia, Kementerian Perdagangan, Kementrian Pertanian untuk memastikan komoditi pokok Bulog tidak mengalami kenaikan harga di atas kewajaran.

Selain operasi pasar, tambah Emil, penegak hukum perlu dilibatkan untuk mengantisipasi penimbunan. “Biasanya stok hariannya sekian, kalau itu tertahan berarti perlu adanya perhatian,” imbuh doktor ekonomi pembangunan dan pengembangan kawasan itu.

Pedagang Sambutan Positif

CANDAAN AKRAB: Tak ada sekat. Cawagub Emil Dardak bercanda dengan pedagang dan pengunjung Pasar Pandaan, Senin (28/5). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
CANDAAN AKRAB: Tak ada sekat. Cawagub Emil Dardak bercanda dengan pedagang dan pengunjung Pasar Pandaan, Senin (28/5). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

Sementara itu pedagang Pasar Pandaan menyambut positif kedatangan Emil. Meskipun hanya sebentar, kemauan Emil menyapa masyarakat bawah bahkan saat malam hingga dini hari menunjukkan komitmen dan kepeduliannya terhadap masyarakat kecil.

Bery, pedagang tahu mengatakan selama ini hanya mihat Emil di televisi dan yang paling mengesankan saat acara debat publik pertama dan kedua.

• Baca: Emil ‘Bakar’ Spirit Pemuda Lewat Nobar Final Liga Champions

Alhamdulillah bisa bertemu langsung dengannya di Pasar Pandaan ini. Beliau bupati Trenggalek, masih muda dan akademiknya bagus serta sangat peduli wong cilik,” katanya.

“Semoga beliau dapat terpilih dan membawa Jawa Timur lebih maju ke depan, serta dapat membawa perubahan terutama di bidang SDM dan pembangunan di Jawa Timur.”

Mudayanah, pedagang ikan laut juga mengaku senang dengan kedatangan Emil. “Alhamdulillah Mas Emil mau datang di pasar bertemu dengan kami masyarakat kecil, saya doakan beliau dan Ibu Khofifah menang dan sukses,” harapnya.