Rabu, 07 Desember 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Di Madura, Presiden Serahkan 5.100 Sertifikat Tanah

Berita Terkait

PENYERAHAN SERTIFIKAT: Presiden Jokowi menyerahkan sertifikat tanah untuk masyarakat Madura di Gedung Ady Poday Sumenep, Minggu (8/10). | Foto: Ist
PENYERAHAN SERTIFIKAT: Presiden Jokowi menyerahkan sertifikat tanah untuk masyarakat Madura di Gedung Ady Poday Sumenep, Minggu (8/10). | Foto: Ist
- Advertisement -

SUMENEP, Barometerjatim.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan 5.100 sertifikat tanah untuk masyarakat di Pulau Madura. Terdiri dari 2.000 orang dari Kabupaten Sumenep, 1.050 (Pamekasan), 1.000 (Sampang) dan 1.050 (Bangkalan).

Penyerahan dilakukan di Gedung Ady Poday Sumenep, Minggu (8/10) sore. Turut mendampingi presiden, Gubernur Jatim Soekarwo.

Menurut Jokowi, pemilikan sertifikat sangat penting di antaranya untuk menghindari sengketa tanah yang banyak terjadi di daerah karena sertifikat merupakan hak hukum atas tanah. Untuk itu, dia meminta Menteri Agraria dan Tata Ruang untuk mempercepat pembuatan sertifikat tersebut.

• Baca: Jokowi Siapkan Beasiswa untuk Santri Berprestasi

Presiden menyampaikan, tahun ini pemerintah menargetkan penerbitan sebanyak lima juta sertifikat. Lalu 2018 (7 juta sertifikat) dan 2019 (9 juta). “Jika masyarakat sudah pegang sertifikat akan aman dan terbebas dari sengketa tanah,” katanya.

Presiden juga berpesan kepada masyarakat yang telah menerima sertifikat agar berhati-hati bila menggunakannya untuk jaminan kalau akan meminjam uang di bank.

Selain itu, presiden juga berharap agar sertifikat terebut disimpan dan dijaga dengan baik. “Kalau perlu diberi plastik, jangan sampai ditaruh di tempat yang bisa kena air,” pesannya.

662 Ribu Sertifikat

Sementara itu Menteri Agraria dan Tata Ruang RI, Sofyan Djalil menuturkan, tahun ini pemerintah mengeluarkan lima juta Sertifikat se-Indonesia. Untuk Jatim dikeluarkan 662 ribu sertifikat dan Pulau Madura 75 ribu sertifikat.

“Tahun depan lebih banyak lagi sertifikat yang akan dibagikan untuk masyarakat di Pulau Madura,” ujarnya.

Menurutnya, dengan kepemilikan sertifikat maka pemilik bisa mengetahui dengan jelas haknya secara hukum sehingga bisa mengurangi sengketa tanah. “Sertifikat ini juga bisa sebagai jaminan untuk mendapatkan pinjaman dari bank,” katanya.

PENYERAHAN SERTIFIKAT TANAH 2017
Seluruh Indonesia: 5 Juta
Jawa Timur: 662 Ribu
Madura: 75 Ribu

PENYERAHAN DILAKUKAN PRESIDEN
Sumenep: 2.000
Pemekasan: 1.050
Sampang: 1.000
Bangkalan: 1.050

 

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -