Di Forum Muslimat NU, Zulkifli Tegaskan Dukung Khofifah

SIAP USUNG KHOFIFAH: Zulkifli Hasan, siap usung Khofifah Indar Parawansa jika maju sebagai calon gubernur di Pilgub Jatim 2018. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

JAKARTA, Barometerjatim.com – Diskusi Refleksi Kebangsaan 71 Tahun Muslimat NU di Crown Plaza Hotel, Jakarta, Senin (27/3), berubah menjadi ajang dukungan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk Khofifah Indar Parawansa agar maju menjadi Cagub di Pilgub Jatim 2018.

Dukungan disampaikan langsung oleh Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan saat tampil sebagai pembicara dalam diskusi bertema Pancasila, Agama dan Negara tersebut bersama dua narasumber lainnya, KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) dan Ketua Pusat Studi Islam dan Kenegaraan, Yudi Latief.

Tanpa basa-basi, di awal pemaparannya, Zulkifli langsung ‘menembak’ Khofifah yang duduk di kursi barisan depan. Karuan saja, forum yang sebelumnya berlangsung serius berubah penuh gelak tawa peserta. Terlebih hampir 10 menit Zulkifli mendorong Khofifah agar maju di Pilgub Jatim 2018.

• Baca: Wasekjen PAN: Khofifah Layak Diberi Amanat Jadi Gubernur

“Bu Khofifah ini apa lagi yang belum. Ketua Muslimat NU berulang-ulang, anggota DPR sudah, ketua komisi DPR sudah, menteri juga sudah dua kali, tinggal satu soal saja: Jatim 1,” kata Zulkifli yang disambut aplaus hadirin.

“Harus dituntaskan. Ini saya ngomong satu tahun lalu. Makanya saya datang kemari hanya untuk sampaikan itu. Ini Muslimat NU mau Ultah (ke-71) lagi. Dulu saya diundang Ultah di Malang (ke-70) dan sudah saya sampaikan agar menuntaskan ini (maju Jatim 1).”

Zulkifli menambahkan, tak hanya dirinya yang mendukung Khofifah maju. Dia juga meyakini  dukungan serupa diberikan Yenny Wahid, Gus Sholah bahkan almarhum KH Hasyim Muzadi.

“Bu Khofifah ini apa lagi yang belum. Ketua Muslimat NU berulang-ulang, anggota DPR sudah, ketua komisi sudah, menteri juga sudah dua kali, tinggal satu soal saja: Jatim 1.”

“Kalau KH Ma’ruf Amin (keynote speaker dalam forum dan meninggalkan tempat lebih dahulu saat Zulkifli menyampaikan pemaparannya) , saya nggak tahu, apa masih (dukung) Saiful (Saifullah Yusuf, Wagub Jatim,” katanya yang membuat seisi ruangan gemuruh penuh tawa dan aplaus.

“Tapi kalau ketua MPR dari dulu (dukung) Khofifah. Apalagi ada sahabat saya, Gus Lukman (KH Lukmanul Karim bin Abdullah Fattah, pengasuh Ponpes Bahrul Maghfiroh Malang) yang tadi baca doa (saat penutupan Rapimnas Muslimat NU). Kalau beliau di belakang Khofifah, insyaallah jadi,” katanya.

“Apalagi kalau saya datang ke sini tak sendiri, Sekjen juga datang. Eddy Soeparno, tuh datang juga,” tambahnya. Eddy pun berdiri dari tempat duduknya untuk menyapa ibu-ibu Muslimat NU.

Baca: Ketum PAN: Bu Khofifah Sahabat Baik Saya

Tak cukup di forum, Zulkifli kembali menegaskan dukungannya untuk Khofifah saat ditanya wartawan usai diskusi. “Saya kenal baik Bu Khofifah sudah lama. Mulai awal jadi anggota DPR, menteri, sekarang menteri lagi,” katanya.

“Saya tahu betul Bu Khofifah ini adalah srikandi yang memiliki wawasan kebangsaan, yang sangat peduli pada masyarakat dan visioner. “Karena itu tadi kita dorong untuk maju di Jatim 1,” ujarnya.

Kalau Khofifah maju apakah PAN sudah pasti mengusungnya?  “Namanya juga sudah ngomong (di forum yang dihadiri Muslimat NU se–Indonesia), gimana sih,” katanya.•