Debat Kedua, Khofifah-Emil Lebih Mumpuni soal Ekonomi

 MILIK KHOFIFAH-EMIL: Hasil survei Surabaya Survey Center (SSC) menunjukkan paslon Khofifah-Emil mengungguli Gus Ipul-Puti saat debat publik pertama Pilgub Jatim 2018. | Ilustrasi: Capture Survei SSC
MILIK KHOFIFAH-EMIL: Hasil survei Surabaya Survey Center (SSC) menunjukkan paslon Khofifah-Emil mengungguli Gus Ipul-Puti saat debat publik pertama Pilgub Jatim 2018. | Ilustrasi: Capture Survei SSC

SURABAYA, Barometerjatim.com – Besok malam, Selasa (8/5), lewat layar kaca, puluhan juta pasang mata publik Jawa Timur kembali tertuju ke Dyandra Convention Center, Surabaya, untuk menyaksikan debat publik kedua Pilgub Jatim 2018.

Dua pasangan calon, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno akan kembali ‘habis-habisan’ adu gagasan, program, serta janji-janji untuk menyejahterakan masyarakat Jatim.

Menilik hasil debat pertama, Khofifah-Emil tampil memukau dan sukses memenangi ‘pertarungan’ di atas panggung. Salah satu rujukannya yakni hasil survei Surabaya Survey Center (SSC) periode 11-19 April 2018.

• Baca: Kuasai Materi, Khofifah-Emil Unggul di Debat Publik Perdana

Sebanyak 31,3 persen publik memilih Khofifah-Emil, sedangkan Gus Ipul-Puti hanya dipilih 29,3 persen dan 39,4 persen tidak tahu atau tidak menjawab.

Khusus Emil, bupati Trenggalek non aktif itu bahkan sanggup membuat Puti ‘mati gaya’ selama debat. Sebanyak 13,2 persen responden menyukai penampilan atraktif Emil, sedangkan Puti hanya dipilih 10,1 persen.

Nah, di debat publik kedua ini, Khofifah-Emil dinilai akan kembali mengungguli rivalnya. Apalagi tema yang diangkat KPU Jatim menjadi ‘makanan sehari-hari’ keduanya, yakni terkait ekonomi dan pembangunan di Jawa Timur.

• Baca: Survei: Gaya Debat Emil Lebih Disukai Ketimbang Puti

Bukan rahasia lagi, khususnya Khofifah,  urusan angka dan data bisa dibilang mantan Menteri Sosial itu ‘biangnya’. “Keduanya lebih unggul pada data yang dimiliki secara faktual,” kata Pengamat Politik Universitas Brawijaya (Unbraw) Malang, Ahmad Hasan Ubaid.

Lantas, bagaimana persiapan Khofifah-Emil untuk kembali membuat ‘mati gaya’ rivalnya? “Tidak ada persiapan atau pelatihan khusus. Forum ini hanya untuk menyampaikan apa yang beliau tahu, jadi tidak ada pelatihan khusus atau apalah,” terang Juru Bicara Khofifah-Emil Dardak, KH Zahrul Azhar As’ad.

Apalagi, tambah kiai muda pengasuh Pondok Pesantren Queen Al Azhar Darul Ulum Jombang yang akrab disapa Gus Hans itu, tema yang diusung soal ekonomi. “Dalam dalam hal ini tidak diragukan lagi soal kemampuan Bu Khofifah. Beliau pernah melanglang buana di Komisi VI DPR RI dan seterusnya,” katanya.

• Baca: Skak Mat Puti! Aksi Debat Emil Masih Bikin Publik Jatuh Hati

Jadi, tandas Gus Hans, aktivitas Khofifah-Emil tetap berjalan seperti biasa, tidak akan mempengaruhi jadwal bertemu masyarakat meski malamnya ada debat. Hari ini, misalnya, Khofifah tetap blusukan ke sejumlah tempat, di antaranya ke Pusat Grosir Surabaya (PGS) untuk menyapa pengunjung dan pedagang sekaligus navigasi program.

Kendati tidak ada persiapan khusus, tambah Gus Hans, Khofifah-Emil akan memberikan kejutan dalam debat besok. “Insyaallah besok ada surprise dari paslon kami. Tunggu saja!” katanya.

Sehari sebelumnya, Khofifah menegaskan hal serupa, bakal memberikan kejutan di debat kedua. “Insyaallah akan ada kejutan dari kami, Khofifah dan Emil,” katanya sambil tersenyum.

Di sisi lain, Ketua Tim Pemenangan Gus Ipul-Puti, Hikmah Bafaqih mengaku paslonnya siap menghadapi kejutan yang akan muncul di debat kedua. “Di lapangan pasti muncul kejutan-kejutan, tapi Gus Ipul-Puti sudah siap mengatasinya,” katanya pada wartawan.