Dalih Sibuk! Via Vallen-Nella Kharisma Batal Diperiksa Polda

ENDORSE KOSMETIK PALSU: Pedangdut Via Vallen (kiri) dan Nella Kharisma, batal diperiksa Polda Jatim karena alasan sibuk. | Foto: IST
ENDORSE KOSMETIK PALSU: Pedangdut Via Vallen (kiri) dan Nella Kharisma, batal diperiksa Polda Jatim karena alasan sibuk. | Foto: IST

SURABAYA, Barometerjatim.com –  Dua pedangdut endorse kosmetik oplosan merek Derma Skin Care (DSC) Beauty, Via Vallen dan Nella Kharisma memastikan tidak bisa hadir memenuhi penggilan Polda Jatim dalam minggu ini lantaran kesibukan.

Hal itu ditegaskan Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera usai berkomunikasi dengan kuasa hukum kedua pedangdut asal Jatim yang tengah naik daun tersebut.

“Sudah ada komunikasi dari kuasa hukum VV (Via Vallen) dan NK (Nella Kharisma). Ada permintaan pengunduran jadwal pemanggilan yang disampaikan ke kita (penyidik),” terang Barung di Mapolda Jatim, Kamis (13/12).

• Baca: Honor Artis Endorse Kosmetik Oplosan Rp 15 Juta Per Pekan

Dari komunikasi tersebut, pihak Via Vallen dan Nella Kharisma mengajukan reschedule (jadwal ulang) pemanggilan karena kesibukan yang tak bisa ditinggalkan. “Mereka janji pekan depan, antara tanggal 17 atau 18 Desember 2018, baru bisa hadir,” ucap Barung.

Sebelumnya, pihak Polda Jatim mengagendakan memanggil Nella Kharisma pada Rabu (12/12) dan Via Vallen, Kamis (13/12). Keduanya dipanggil sebagai saksi untuk dimintai keterangan terkait kosmetik oplosan DSC Beauty.

Jasa Tujuh Artis

Produk kosmetik yang dikelola tersangka KIL asal Kediri tersebut, kendati tidak memiliki izin edar dari BPOM dan Dinas Kesehatan, faktanya diedarkan di beberapa kota besar di antaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Medan dan Makassar.

Omset produk kecantikan yang dioplos dengan merek terkenal seperti Mustika Ratu, Viva Lotion dan Vasseline itu mencapai Rp 300 juta, sehingga tersangka sanggup membayar tujuh pesohor yang dijadikan endorse antara Rp 7-15 juta per minggu.

• Baca: Polda Akan Panggil 7 Artis, Dimulai dari Nella Kharisma

Dari pendalaman penyidik, selain Via Vallen dan Nella Kharisma yang mengendorse DSC Beauty lewat akun Instagram (IG) masing-masing, lima artis lainnya yakni NR, OR, MP, DK, dan seorang disc jockey (DJ)perempuan berinisial B.

“Sebagian dari artis yang menjadi endorse ini adalah artis dangdut,” kata Dir Reskrimsus Polda Jatim, Kombes Pol Ahmad Yusep Gunawan saat pengungkapan kasus.

Promosinya seolah-olah artis-artis itu memakai produk kecantikan milik tersangka. “Padahal tidak. Kemungkinan tidak tahu kalau produk tersangka ilegal,” ucap Yusep.•

» Baca Berita Terkait Kosmetik Oplosan, Polda Jatim