Dalih Kalah Suporter, Persida Dihantam Persik 1-2 di Kandang

SIDOARJO, Barometerjatim.com – Laga kandang berasa tandang dirasakan M Fakhruddin dkk ketika Persida Sidoarjo menjamu Persik Kediri di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jumat (12/5).

Alih-alih dapat dukungan moril dari suporter — biasa disebut sebagai pemain ke-12 — justru pendukung tim tamu yang menguasai tribun. Kondisi ini dikeluhkan pelatih Persida, M Zein Al Hadad usai pasukannya ditaklukkan dengan skor 1-2.

“Secara teknis, pemain kami memang banyak yang belum berpengalaman. Ini terlihat ketika mereka mendapat peluang yang harusnya berbuah gol, sia-sia karena kurang tenang. Non teknisnya, kami seperti main di kandang lawan karena suporter Persik justru yang lebih banyak. Hal ini mempengaruhi mental pemain,” terangnya usai pertandingan.

• Baca: Persida, Lebih Menantang Tanpa Pemain Bintang

Taufiq Ambari Media Officer Persida, Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Sidoarjo, mengatakan sebenarnya sudah kerja keras membangkitkan animo pendukung Persida. Termasuk dengan memberi jatah tiket khusus bagi anggota klub-klub kompetisi internal. “Setiap klub malah dapat 20 tiket. Mungkin karena jadwal pertandingan yang bukan hari libur,” terangnya.

Dalam laga ini, Persik unggul cepat melalui gol pembuka yang berawal dari bola mati di menit ke-14. Sandy Pratama yang mengirim servis disambut heading Jaya Hartono yang gagal diantisipasi kiper FajarIkhsani. Skor ini bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Persida mencoba tampil menekan. Namun kematangan organisasi permaina Macan Putih, julukan Persik, membuat Persida kesulitan merangsek ke kotak berbahaya kendati sempat mengurung higgga separuh lapangan dalam 10 menit awal. Setelah itu, kedua tim silih berganti menguasai permainan dengan kendali efektif masih di kubu tim tamu.

• Baca: Goyang Itik, Cara Bejo Protes Wasit

Itu terbukti ketika melalui counter attack cepat, pemain pengganti Ferri Rahmad Kurniawan membuat Persik unggul 2-0. Ferri dengan tenang memperdaya Fajar Ikhsani di menit ke-81. Empat menit berselang, Fakhruddin mencetak gol balasan melalui aksi tendangan bebas. Sayang, kendati mencoba lebih agresif hasil papan skor tak berubah untuk keunggulan tim besutan Bejo Sugiantoro.

“Saya tetap mengevaluasi permainan kendati menguasai namun masih ada celah yang jadi peluang bagi Persida. Saya apresiasi pemain Persik yang bisa menerapkan strategi di lapangan. Namun saya juga respek pada Persida yang diasuh senior saya,” sebut Bejo melirik Mamak, panggilan Al Hadad.

SUSUNAN PEMAIN

Persida Sidoarjo: Fajar Ikhsani, Andre Aprilianto, M Sholihuddin Zuhri, Ahmad Buchori, David Nasrullah, M ArisSetiyono, Imam Bayhaqi, Ridho Zulkarnain, M Fachrudin, M Ansori. Pelatih: M Zein Al Hadad
Persik Kediri: Tedi Heri, Ahmad Taufik, Gitra Yuda, Slamet Sampurno, Adi Eko Jayanto, Beni Oktovianto, Jaya Hartono, Sedek Sanaky, Sandy Pratama, Abdul Rahman Abanda, Arif Yanggi Rahman. Pelatih: Bejo Sugiantoro