Senin, 23 Mei 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Covid-19 di Jatim Melonjak, Khofifah Respons dengan 13.853 Bed untuk Isoter

Berita Terkait

MELONJAK: Covid-19 di Jawa Timur, ada penambahan terkonfirmasi positif 2.154 per 5 Februari 2022. | Foto: IST
Ilustrasi Covid-19. | Foto: IST
- Advertisement -

MALANG, Barometerjatim.com – Covid-19 di Jatim melonjak. Per 5 Februari 2022, kasus positif terdapat penambahan 2.154 dengan terkonfirmasi sembuh 1.053 dan meninggal dua orang. Sedangkan total kasus aktif 5.055 atau 1,23% dari keseluruhan kasus terkonfirmasi.

Merespons lonjakan Covid-19, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa gencar mereaktivasi sejumlah tempat sebagai isolasi terpusat (isoter).

Hingga kini, terdapat 13.853 tempat tidur di 38 kabupaten/kota di Jatim yang dapat diaktifkan dan difungsikan sebagai isoter. Dari ribuan bed tersebut, sudah ada 344 yang terisi.

Salah satu yang direaktivasi yakni Rumah Sakit Lapangan Ijen Boulevard di Kota Malang, sebagai tempat isoter untuk melayani pasien Covid-19 tanpa gejala maupun gejala ringan di Malang Raya.

“Sejak 1 Februari kemarin, tampak sekali terjadi kenaikan Covid-19. Ketika ada kenaikan yang cukup tinggi dan cepat, kita menata kembali tempat yang bisa disiapkan sebagai isoter dan layanan kuratif untuk memastikan masyarakat dapat penanganan yang terbaik,” ujarnya saat meninjau RS Ijen Boulevard, Sabtu (5/2/2021).

Khofifah menjelaskan, sebelumnya isoter untuk Kota Malang ditempatkan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim. Namun saat ini BPSDM sudah terjadwal sebagai tempat diklat dan pelatihan untuk beberapa acara.

“Maka dari itu, layanan pasien gejala ringan atau tanpa gejala bisa dilakukan di RS Ijen ini. Sementara untuk pasien bergejala sedang maupun berat bisa ke RS Saiful Anwar maupun rumah sakit lain yang melayani pasien Covid-19,” terangnya.

Menurut Khofifah, RS Ijen Boulevard akan mulai diaktifkan kembali sebagai isoter dan layanan covid-19 pada Rabu (9/2/2022). Kapasitas bed rumah sakit ini berjumlah 320 dengan kamar yang berisikan dua tempat tidur.

Insyaallah Rabu depan akan direaktivasi kembali. Sebenarnya, tempat ini relatif tidak pernah di-shutdown, tapi beberapa fasilitas memang harus dibersihkan dan koneksitas sistem layanannya dipastikan berfungsi baik,” jelasnya.

Sebelumnya, Jumat (4/2/2022), Khofifah juga mengunjungi Puskesmas Sidayu di Kabupaten Gresik untuk mengecek kesiapannya sebagai isoter menghadapi gelombang ketiga pandemi Covid-19.

Puskesmas tersebut merupakan satu dari tujuh Puskesmas rawat inap lain yang memang disiapkan untuk isoter di Gresik. Keenam Puskesmas lainnya yakni di Ujung Pangkah, Kebomas, Cerme, Benjeng, Wringin Anom, dan Driyorejo.

Dari tinjauan yang dilakukan, Khofifah menilai Puskesmas Sidayu sudah siap untuk menjadi salah satu lokasi isoter. Menilik ukuran Puskesmas, tempat tersebut cukup lapang dengan dua kamar isoter yang masing-masing diisi lima bed.

» Baca berita terkait Covid-19. Baca juga tulisan terukur lainnya Abdillah HR.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -