Corona Naik Lagi! GP Ansor-Aice Group Bagikan 5 Juta Masker

BANTUAN MASKER: PP GP Ansor menyerahkan bantuan masker kapada PW GP Ansor Jatim di Grahadi. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
BANTUAN MASKER: PP GP Ansor menyerahkan bantuan masker kapada PW GP Ansor Jatim di Grahadi. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Pandemi virus Corona alias Covid-19 yang kembali tinggi — tak terkecuali di Jatim — mengundang keprihatinan sejumlah pihak untuk saling bersinergi turut menekan penyebaran.

Salah satunya ditunjukkan Gerakan Pemuda (GP) Ansor bersama Aice Group yang membagikan lima juta masker medis di berbagai wilayah Indonesia. Di Jatim, penyerahan secara simbolis dilakukan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu (19/12/2020).

Bantuan masker yang difasilitasi Pemprov Jatim tersebut, diserahkan Wakil Ketua Umum PP GP Ansor, Mohammad Haerul Amri kepada Ketua PW GP Ansor Jatim, Syafiq Sayauqi alias Gus Syafiq dan disaksikan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

Brand Manager Aice Group, Sylvana menuturkan, secara keseluruhan pihaknya membagikan 20 juta masker. Dari jumlah itu, 15 juta disalurkan melalui UMKM binaannya untuk dibagikan kepada tetangga dan masyarakat sekitarnya.

“5 juta-nya, kami bekerja sama dengan KSP (Kantor Staf Presiden) dan GP Ansor untuk disalurkan kepada 20 kota di Indonesia,” katanya.

Sedangkan Haerul Amri — akrab disapa Aam — menuturkan, dari lima juta masker medis yang diserahkan ke PP GP Ansor, salah satu daerah yang menjadi sasaran distribusi yakni Jatim.

Di Jatim, masker didistribusikan di antaranya 350 ribu untuk Surabaya. “Besok Senin kita akan berikan ke Kota Malang sebanyak 150 ribu masker, Selasa ke Kabupaten Lumajang 150 ribu masker,” katanya.

Pendistribusian bantuan masker itu, lanjut Aam akan melibatkan cabang hingga ranting GP Ansor. “Kita upayakan nanti, kita minta kepada wilayah dan cabang untuk mencari titik-titik zona merah,” katanya.

Soal kapan pendistribusian lima juta masker tersebut tuntas, Aam menegaskan semakin cepat semakin baik karena pandemi di Tanah Air semakin tinggi.

“Dan kerja sama dengan Aice bukan hanya sekarang ini, sejak awal Covid-19 menjadi pandemi di Indonesia, Aice sudah kerja sama dengan Ansor. Banyak hal yang telah kita lakukan,” katanya.

Penguatan Lebih Luas

SINERGI: Khofifah, harap terbangun sinergi lebih luas antara Aice Group dan Ansor Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
SINERGI: Khofifah, harap terbangun sinergi lebih luas antara Aice Group dan Ansor Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

Sementara itu Khofifah menyampaikan terima kasih atas sinergi GP Ansor dan Aice Group dalam pencegahan Covid-19, termasuk di wilayah Jatim.

“Luar biasa support yang diberikan Aice Group, dan mudah-mudahan dengan PW Ansor Jatim terutama, akan bisa dibangun sinergitas dan penguatan yang lebih luas lagi,” katanya.

Sebab, lanjut Khofifah, tidak ada yang bisa memastikan kalau ada vaksin kemudian herd immunity alias kekebalan kelompok segera terwujud. Harapannya memang itu, tapi proses vaksinasi tetap butuh tahapan.

Dalam hitungan Khofifah, pertengahan Januari 2021 mungkin vaksin sudah terdistribusi ke Jatim. Selanjutnya akan didistribusikan ke seluruh elemen strategis sesuai dengan panduan Kementerian Kesehatan.

“Tentu bertahap, kemudian bisa dicapai cakupan yang memungkinkan terwujudnya herd immunity. Artinya bahwa menggunakan masker ini menjadi kebutuhan,” ucap Khofifah.

Seperti diberitakan, kasus positif Covid-19 di Jatim terus mengalami kenaikan. Dikutip dari akun Instagram @jatimpemprov, berdasarkan perkembangan per Jumat, 18 Desember 2020, tercatat 73.798 terkonfirmasi positif, 63.458 sembuh, 5.102 meninggal, 5.238 dirawat, dan 8.086 suspect.

» Baca Berita Terkait Wabah Corona