Rabu, 07 Desember 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Cawagub Pendamping Khofifah, Tarik Ulur Emil dan Ipong?

Berita Terkait

ANTARA EMIL DAN IPONG: Khofifah dan Emil Dardak saat kunjungan kerja di Trenggalek (foto kiri), Khofifah dan Ipong Muchlissoni saat mengunjungi longsor di Ponorogo. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
ANTARA EMIL DAN IPONG: Khofifah dan Emil Dardak saat kunjungan kerja di Trenggalek (foto kiri), Khofifah dan Ipong Muchlissoni saat mengunjungi longsor di Ponorogo (foto kanan). | Foto: Barometerjatim.com/DOK
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Siapa nama bakal Cawagub pendamping Khofifah Indar Parawansa hingga kini masih teka-teki. Namun sinyal yang diberikan Ketua Tim 9, KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) makin terang.

“Saya rasa semua orang sudah tahu-lah, cuma saya ndak boleh menyampaikan. Itu wewenang partai,” kata Gus Sholah saat menghadiri penganugerahan gelar doktor honoris causa Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Jumat (10/11).

Jika sinyal Gus Sholah dikaitkan dengan pemberitaan media massa belakangan ini, maka dua nama yang santer digadang-gadang bakal mendampingi Khofifah yakni Emil Dardak (bupati Trenggalek) dan Ipong Muchlissoni (bupati Ponorogo). Lantaran sudah diusulkan Tim 9, kini ‘tarik ulur’ mencari yang terbaik tinggal di internal Parpol pengusung.

• Baca: Belajar dari Syahri Mulyo: Tinggalkan PDIP Malah Jadi Bupati di Gedung.

Nama Emil memang dari awal gencar diberitakan bakal ‘diincar’ Khofifah, Tim 9 maupun Parpol pengusung setelah PDIP memilih Abdullah Azwar Anas mendampingi Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Terlebih para petinggi PDIP, mulai pusat sampai cabang, begitu reaktif memagari Emil agar jangan sampai mendampingi Khofifah.

Rupanya PDIP khawatir betul, karena Emil berasal dari Mataraman, wilayah yang memiliki proporsi pemilih di Jatim — berdasarkan karakteristik wilayah — hingga 40 persen. Sementara Anas, meski telah ‘berbaju merah’,  tetap mencerminkan kader Nahdlatul Ulama (NU), senapas dengan Gus Ipul yang akan berbagi irisan pemilih Nahdliyin dengan Khofifah.

Sementara tanda-tanda Ipong bakal disiapkan mendampingi Khofifah, setelah dia memutuskan meninggalkan Gerindra dan bergabung dengan Nasdem, salah satu Parpol pengusung Khofifah.

• Baca: Cawagub Pendamping Khofifah, PPP Pertimbangkan Ipong

Namun Gus Sholah tetap enggan memberi bocoran, saat ditegaskan apakah nama Emil dan Ipong yang saat ini sedang dirundingkan Khofifah dengan Parpol pengusung. “Saya tidak boleh menyebutkan,” elaknya.

Pengasuh Ponpes Tebuireng, Jombang, itu hanya mempertegas kalau Tim 9 sudah mengusulkan dua nama ke Khofifah. Selanjutnya Khofifah yang merundingkan dengan Parpol pengusung. Setelah terpilih, nama bakal Cawagub tersebut akan diumumkan Parpol, bukan Tim 9.

Apakah nama itu akan diumumkan pada 13 November seperti yang beredar selama ini? “Kita harapkan begitu. Jadi ini Bu Khofifah berunding dengan partai-partai, kita harapkan secepatnya. Kalau bisa ya sebelum tanggal itu (13). Saya pikir beberapa hari lagi diumumkan,” tandasnya.

• Baca: Ketum PAN Tawarkan Anang Cawagub Pendamping Khofifah

Soal kandidat Cawagub, Khofifah memang disodori banyak pilihan. Bahkan koalisi Gerindra-PAN-PKS siap merapat ke Khofifah asal ada kesamaan, di antaranya menggandeng tokoh muda sebagai pendamping di Pilgub Jatim 2018.

Salah seorang tokoh muda yang diusulkan Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan yakni yakni kader PAN yang juga musisi kondang kelahiran Jember, Anang Hermansyah.

“Tapi politik kan tidak maksa-maksa. kita perlu bicara dan berdiskusi. Jadi intinya, berdialog dulu,” katanya.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -