Catat Janji PU Bina Marga: 1×24 Jam Jalan Berlubang Hilang

JANJI BENAHI JALAN BERLUBANG: Gatot Sulistiyo Hadi, janji 1×24 jam jalan berlubang di Jatim hilang. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR
JANJI BENAHI JALAN BERLUBANG: Gatot Sulistiyo Hadi, janji 1×24 jam jalan berlubang di Jatim hilang. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR

SURABAYA, Barometerjatim.com – Salah satu penyebab kecelakaan karena jalan berlubang. Apalagi musim hujan membuat sejumlah jalan cepat rusak. Karena itu penambalan jalan berlubang masih menjadi fokus Pemprov Jatim.

“Perintah saya (kepada staf) 1×24 jam jalan berlubang harus sudah tertambal. Karena prinsipnya, sekecil apapun lubang di jalan bisa mengakibatkan kecelakaan,” ujar Kepala Dinas PU Bina Marga Jatim, Gatot Sulistiyo Hadi di Surabaya, Senin (5/3).

Meski demikian, dirinya berharap bisa mendapat bantuan dari masyarakat untuk segera melaporkan jika ditemukan jalan yang berlubang. Pemberitahuan bisa melalui sosial media ataupun media massa.

“Bahkan jika jalan yang rusak itu bukan milik provinsi, kami siap membantu berkoordinasi dengan pemerintah yang berwenang atau bertanggung jawab soal jalan tersebut,” tegasnya.

• Baca: Pakde Karwo Ajak HIPMI Jatim Atasi Impor Bahan Baku

Apakah waktu 24 jam cukup? “Untuk penambalan kecil-kecil asal tidak masif waktu 1×24 jam sudah selesai dilakukan pengerjaan,” tandasnya.

Untuk melakukan perkerjaan rutin jalan provinsi sepanjang 1.421 kilometer, PU Bina Marga bahkan menyiapkan anggaran sekitar Rp 123 miliar. Sedangkan untuk rekonstrusi 2018 sepanjang 63,15 kilometer biaya yang disediakan sekitar Rp 354 miliar.

Sedangkan pemeliharaan jalan secara berkala sepanjang 138,33 kilometer telah disiapkan alokasi dana Rp 264,4 miliar. “Ini wajib dilakukan, karena umur jalan sudah tidak memenuhi syarat, jadi kita lapisi lagi,” tambahnya.