Bupati Bangkalan Kecelakaan hingga Patah Paha Kanan

KECELAKAAN: Bupati Bangkalan, Ra Momon usai menjalani operasi akibat kecelakaan motor trail saat mengikuti Bangkalan Adventure Trail. | Foto: Ist

BANGKALAN, Barometerjatim.com – Bupati Bangkalan, RKH Makmun Ibnu Fuad atau Ra Momon mengalami kecelakaan tunggal saat mengendarai motor trailnya di Desa Pandabah, Kecamatan Kamal, Sabtu (8/7).

Peristiwa itu terjadi ketika putra mantan Bupati Bangkalan, Fuad Amin tersebut mengikuti Bangkalan Adventure Trail yang digelar komunitas trail dalam rangka HUT ke-71 Polri.

Akibat insiden itu, Ra Momon mengalami patah paha bagian kanan. Saat ini dia sudah selesai menjalani operasi di rumah sakit setempat.

• Baca: Kemiskinan di Sampang Bayangi Pelantikan Bupati Fadhilah

Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Frans Barung Mangera menuturkan, saat pembukaan acara yang diikuti 400 peserta itu dihadiri seluruh Forpimda Bangkalan.

Hadir pula Ketua IKatan Motor Indonesia (IMI) Jawa Timur, Wadir Polair Polda, Danlanal Batu Poron, Dandim Sampang dan sejumlah pejabat lain, termasuk bupati Bangkalan.

“Bupati Bangkalan juga turut diundang, tetapi beliau tidak menyatakan siap ikut. Sampai pagi hari menjelang pelaksanaan, menyampaikan ke panitia akan ikut jalur pendek. Dan panitia kemudian menyiapkan perlengkapan dengan cara membeli di lokasi lansung,” terang Barung.

• Baca: Sistem Pengelolaan SMA/SMK di Jatim Buka Ruang Pungli

Pukul 09.00 WIB, lanjut Barung, peserta dilepas dari garis start oleh Forpimda. “Rombongan Forpimda dikawal beberapa panitia dan anggota Polres Bangkalan dalam satu rombongan ada 12 motor.”

Semula, kegiatan berjalan lancar dan Ra Momon selalu dalam posisi pengawasan oleh tim yang ditunjuk Kapolres. “Rombongan sempat tiga kali berhenti dan Kapolres selalu memeriksa kondisi seluruh anggota tim dan menanyakan kesiapan lanjutannya,” sambung Barung.

“Sekitar pukul 10.30 WIB, saat di TKP laka, posisi berurutan adalah pemandu (Brigadir Agunf), bupati Bangkalan, Kapolres Bangkalan (AKBP Anisullah M Ridha), Kapolsek Konang dan ajudan bupati,” terangnya.

PATAH PAHA KANAN: Bupati Bangkalan, Ra Momon mengalami patah paha kanan akibat kecelakaan motor trail saat mengikuti Bangkalan Adventure Trail. | Foto: Ist

Sebelum kejadian, motor trail yang dikendarai Ra Momon terlihat terlalu melambung saat mengambil jalan yang sebenarnya lurus, seperti panduan Brigadir Agung.

“Jalan melambung yang diambil bupati mengakibatkan motornya terperosok ke dalam bekas galian batu kapur yang tertutup pohon pohon. Kedalaman lubang mencapai sekitar 4 meter,” ungkap Barung.

Mengetahui kejadian nahas yang dialami Ra Momon, Kapolres Bangkalan langsung berhenti dan mencari jalan ke bawah.

• Baca: Dimas Kanjeng, Pria dengan Sembilan Perkara

“Saat ditemukan, bupati dalam keadaan telungkup dan oleh Brigadir Agunf lansung di balik dan kepalanya dipangku. Sementara Pak Kapolres memberikan semangat dan membersihkan luka di muka akibat benturan helm,” tutur perwira tiga melati ini.

Selanjutnya, sekitar pukul 11.00 WIB, ambulans datang dan mengevakuasi Ra Momon ke Bangkalan dengan didampingi Kapolres. “Akibat kejadian itu, bupati Bangkalan mengalami luka di hidung, bibir serta patah pada paha kanan. Kemudian pukul 15.00 WIB, beliau masuk ruang operasi,” tutup Barung.