‘Biangnya’ Data, Khofifah-Emil Bakal Kuasai Debat Kedua

'PERANG DATA': Renville Antonio, berharap rival Khofifah-Emil tak asal bicara data di panggung debat kedua Pilgub Jatim, Selasa (8/5) malam nanti. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
‘PERANG DATA’: Renville Antonio, berharap rival Khofifah-Emil tak asal bicara data di panggung debat kedua Pilgub Jatim, Selasa (8/5) malam nanti. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – ‘Perang data dan angka’ bakal mewarnai debat publik kedua Pilgub Jatim 2018 di Gedung Dyandra Convention Center, Surabaya, Selasa (8/5) malam nanti. Hal itu sesuai dengan topik debat yang disiapkan KPU Jatim selaku penyelenggara: ekonomi pembangunan.

Siapa paling siap? Jika rujukannya persepsi publik terhadap bidang kompetensi pasangan calon, bisa jadi Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak Elestianto yang akan menguasai panggung debat kedua.

Tengoklah hasil survei Surabaya Survey Center (SSC) periode 11-19 April 2018. Sebanyak 41,1 persen publik mempersepsikan kompetensi Khofifah-Emil di bidang kemiskinan, dibanding Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno yang hanya 22,6 persen dan 36,3 persen sisanya tidak tahu atau tidak menjawab.

• Baca: Debat Kedua, Khofifah-Emil Lebih Mumpuni soal Ekonomi

Begitu pula soal pendidikan dan kesehatan, Khofifah-Emil dipilih 37,1 persen publik, Gus Ipul-Puti 21,4 persen dan 41,5 persen sisanya tidak tahu atau tidak menjawab. Pun demikian soal pengendalin harga barang, 33,6 persen memilih Khofifah-Emil, Gus Ipul-Puti 22,5 persen dan 43,9 persen sisanya tidak tahu atau tidak menjawab.

Nah, agar publik mendapat tontonan yang cerdas dan mencerdaskan, Sekretaris Tim Pemenangan Khofifah-Emil, Renville Antonio berharap agar ‘kubu sebelah’ dalam bertanya, menjawab atau memaparkan data di atas panggung debat tidak asal.

“Harus memahami yang ditanyakan dan menguasai jawaban. Tapi kalau jawabannya berbeda, kan kelihatannya tidak menguasai dan akhirnya berusaha mengganti topik yang sedang dibicarakan,” katanya saat ditemui di Posko Pemenangan Relawan Kerta di Jalan Basuki Rahmat Surabaya, Senin (7/5) malam.

KHOFIFAH-EMIL PAHAM JATIM: Publik mempersepsikan kompetensi Khofifah-Emil di bidang-bidang utama yang dibutuhkan masyarakat Jatim. | Foto: Grafis: Capture Survei SSC
KHOFIFAH-EMIL PAHAM JATIM: Publik mempersepsikan kompetensi Khofifah-Emil di bidang-bidang utama yang dibutuhkan masyarakat Jatim. | Foto: Grafis: Capture Survei SSC

Renville optimis paslonnya akan kembali menguasai debat karena selama ini Khofifah dan Emil berjalan di atas data. “Saat di Kemensos, Bu Khofifah dalam bertanya, baik kepada Dirjen maupun kepala daerah, selalu berdasarkan data. Begitu pula kebiasaan Mas Emil,” paparnya.

Karena itu, soal materi debat ekonomi pembangunan, pihaknya sama sekali tidak khawatir karena memang ‘makanan sehari-hari’ Khofifah-Emil. “Beliau berdua cukup menguasai persoalan dan tahu betul apa yang akan dilakukan di Jawa Timur,” ujarnya.

• Baca: Survei: Gaya Debat Emil Lebih Disukai Ketimbang Puti

Bahkan, tandas Renville, apapun segmen yang disiapkan KPU Jatim selaku penyelenggara pihaknya siap. “Di debat kedua ini akan banyak penjelasan dari paslon kita, karena di dalam Nawa Bhakti Satya cukup banyak program yang bisa di-breakdown,” katanya.

“Nanti kita bisa melihat bagaimana beliau menjelaskan program-programnya, serta menyelesaikan permasalahan atau menjawab pertanyaan panelis,” tambah politikus Partai Demokrat yang juga anggota DPRD Jatim tersebut.