Bersaing di Masa Corona, DABN Luncurkan Jumbo Autocare

ASLI DALAM NEGERI: PT DABN luncurkan produk untuk sektor kebersihan Jumbo Autocare. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
ASLI DALAM NEGERI: PT DABN luncurkan produk untuk sektor kebersihan Jumbo Autocare. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Di tengah pandemi Covid-19, PT Delta Anugrah Biokimia Nusantara (DABN) meluncurkan produk untuk sektor kebersihan — utamanya kendaraan bermotor —  yang dilabeli Jumbo Autocare. Grand launching digelar di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, Sabtu (14/11/20).

Direktur Operasional PT DABN, Esti Nalurani menuturkan, Autocare adalah cairan yang bisa dipakai untuk pembersih seperti antikarat dan jamur kaca.

“Yang utama kita adalah non-alkohol dan water based, biasanya kalau produk lain itu selalu pakai alkohol. Kompetitor kita itu ada, tapi dari luar negeri, dan itu harganya bisa empat sampai lima kali lipat lebih mahal,” paparnya.

Total, ada lima produk yang ditawarkan. Yakni Jumbo Polish Liquid (pengkilap permukaan), Jumbo Heavy Duty Degreaser (pembersih kotoran dan kerak), Jumbo Water Spot Remover (pembersih jamur kaca), Jumbo Rust Remover (pemusnah karat permukaan mesin), serta Jumbo Auto Wash (formula shampo mobil dan motor).

Esti menambahkan, perusahaannya cukup bangga dengan grand launching ini karena bisa melakukan sejumlah pembuktian di tengah pandemi Covid-19.

“Satu, ketika pandemi kami tetap bisa berkarya. Kedua, ketika pandemi kami membuktikan bahwa hastakarya anak bangsa dari bahan-bahan Indonesia asli, itu bisa menghasilkan produk yang tidak kalah bagusnya dengan bahan-bahan yang dari luar negeri,” paparnya.

“Ketiga, SDM kami seluruhnya adalah anak-anak Indonesia, tidak ada impor-imporan, ndak ada,” sambung Esti.

Karena itu, selain grand launching produk, lanjut Esti, tentu saja harapannya spreading produk segera terlaksana dan setop memakai barang-barang dari luar negeri.

“Artinya, bukan anti saya, tapi kalau bisa memakai produk dari dalam negeri, kenapa harus dari luar?” tandasnya.

95 Persen dari Air

SDM INDONESIA: Esti Nalurani, SDM PT DABN seluruhnya anak-anak Indonesia. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
SDM INDONESIA: Esti Nalurani, SDM PT DABN seluruhnya anak-anak Indonesia. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

Sementara itu Komisaris PT DABN, Donny Kurniawan menambahkan, bahan baku Jumbo Autocare 95 persen dari air yang sudah diproses (water based).

“Adiktif campurannya itu mengacu sebagian besar juga dari bahan yang organik, yaitu CPO (Crude Palm Oil/minyak sawit mentah). Ini yang kita proses dari hasil penelitian kita yang cukup lama,” katanya.

Sehingga ini, lanjut Donny, sangat bermanfaat untuk kebutukan retail. “Semua bengkel pasti pada saat mereka membuka mobilnya, motornya, itu ketemunya karat, kotor, tidak bersih, ini kuncinya,” katanya.

Donny juga memastikan Jumbo Autocare murni TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri). Selain itu, produk ini juga tidak ada limbah.

“Ibarat kita meracik satu kopi gitu, butuhnya air panas, gula sama kopi, diaduk, jadi kopi, kita minum, selesai,” katanya.

“Proses (Jumbo Autocare) juga begitu, tidak ada limbah. Jadi water based ini sangat ramah lingkungan. Ini unggulan kami,” tuntas Donny.

» Baca Berita Terkait Ekonomi Bisnis