Begini Cara Satpol PP Buktikan Surabaya-Papua Bersaudara

CINTA DAMAI: Tim Satpol PP berkostum Surabaya Papau Bersaudara di laga Football For Peace. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
CINTA DAMAI: Tim Satpol PP berkostum Surabaya Papua Bersaudara di laga Football For Peace. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Ingin membuktikan Surabaya kota cinta damai, Satpol PP Kota Surabaya turut meramaikan laga sepak bola perdamaian di ajang Football for Peace Festival 2019, Sabtu (28/9/2019).

Apalagi, dalam pertandingan yang digelar di lapangan sepak bola Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Jalan Lidah Wetan itu diikuti tim Uni Papua FC (Football Community) yang berisi mayoritas pemain kelahiran Papua.

“Kita cinta damai dan senang dengan kebersamaan seperti ini,” kata Kasatpol PP Kota Surabaya, Irvan Widiyanto usai timnya tampil sebagai untuk kelompok senior.

Semangat cinta damai dan persaudaraan, kata Irvan, di antaranya dituangkan lewat tulisan “Surabaya Papua Bersaudara” yang ditempatkan di bagian depan kostum tim.

“Coba dilihat di sini, di kostum memang kita desain, untuk kita buktikan bahwa Surabaya dan Papua bersaudara,” katanya.

Tak hanya itu, di bagian punggung kostum juga ditulis daerah asal personel Satpol PP yang ikut merumput di lapangan hijau. Seperti Arek Medan, Arek Fak-Fak, Arek Ambon dan lain-lain.

Irvan menyebutkan perbedaan daerah, suku, agama dan ras yang ada di Surabaya ini sebenarnya justru indah. “Dan kita cinta damai!” tegasnya.

Sekecil apapun, sambung Irvan, upaya tersebut harus dirawat. “Supaya Indonesia, khususnya Surabaya tidak terjadi yang istilahnya rasialisme dan sebagainya. Ini kita tampakkan sehari-hari, bukan hanya dengan even ini saja,” tandasnya.

Memang, hubungan antara Surabaya dan Papua sempat memanas karena aksi di Asrama Mahasiswa Papua, Jalan Kalasan, beberapa waktu lalu.

Namun di Football for Peace Festival ini, tim Satpol PP Surabaya dan Uni Papua yang bertemu di awal pertandingan justru menunjukkan sikap persahabatan dan cinta sesama anak bangsa.

Sayangnya, Uni Papua gagal melaju di babak final yang akhirnya mempertemukan tim Unesa dengan Satpol PP. “Alhamdulillah menang!” kata Irvan, usai timnya sukses membekuk tim tuan rumah 4-2 di babak final.

» Baca Berita Terkait Satpol PP Surabaya