Bayar Parkir Pakai QRIS, DPRD Surabaya: Sangat Worth It-lah!

WORTH IT: Elok Cahyadi, sistem QRIS yang dipakai Dishub Surabaya dinilai layak. | Foto: Barometerjatim.com/ANDRIAN
WORTH IT: Elok Cahyadi, sistem QRIS yang dipakai Dishub Surabaya dinilai layak. | Foto: Barometerjatim.com/ANDRIAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – Komisi C DPRD Surabaya mendukung inovasi Dinas Perhubungan (Dishub) yang menerapkan sistem digital untuk retribusi parkir meter tepi jalan umum, yakni transaksi menggunakan fitur QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard).

Sebab, menurut Anggota Komisi C, Elok Cahyani, untuk bisa sejajar dengan kota-kota maju di dunia, Surabaya harus bisa mengikuti perkembangan di era digital. Apalagi saat ini Surabaya tengah menuju Smart City.

“Jadi apa yang dilakukan Dishub Kota Surabaya ini sangat worth it-lah (layak). Kan Surabaya sedang menuju Smart City agar setara dengan kota-kota dunia yang sudah sangat maju pesat,” katanya kepada wartawan, Senin (21/6/2021).

Transaksi berbasis digital, lanjut legislator dari Partai Demokrat tersebut, memang sudah menjadi kebutuhan di era zaman now. Terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, di mana kontak langsung dengan manusia cukup dibatasi.

Dengan demikian, kata Elok, transaksi dengan fitur QRIS menjadi efisien karena saldo yang tersimpan secara digital, tidak pecah ke mana-mana. Hal ini berbeda dengan pembayaran konvensional.

Maka dengan menggunakan fitur QRIS, jelas Elok, setidaknya ada tiga profitabilitas yang dirasakan publik saat membayar parkir.

Pertama, penggunaan aplikasi (teknologi berbasis digital) di kalangan masyarakat semakin tinggi. “Kedua, tingkat efisiensi pembayaran juga dapat, dan ketiga tingkat kedisiplinan membayar retribusi juga kena,” paparnya.

Sebelumnya, fitur QRIS disosialisasikan Kepala Dishub Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajat bersama jajarannya kepada masyarakat yang memarkir kendaraannya di parkir umum sekitar Jalan Sedap Malam, atau sisi timur Balai Kota, Jumat-Sabtu (18-19/6/2021).

“Sosialisasi bayar retribusi parkir dengan fitur QRIS tentu ada juga edukasi untuk masyarakat tentang IT-nya. Jadi sangat bagus apa yang dilakukan Dishub Surabaya,” tuntas Elok.

PAKE QRIS AJA!: Sosialisasi bayar parkir pakai QRIS, sudah selayaknya diterapkan Surabaya. | Foto: IST
PAKE QRIS AJA!: Sosialisasi bayar parkir pakai QRIS, sudah selayaknya diterapkan kota sekelas Surabaya. | Foto: IST