Bantah Chin Chin, Kuasa Hukum Gunawan Beber Bukti Utang!

Chin Chin bersama ketiga anaknya, perseteruan dengan suami makin rumit. | Foto: Barometerjatim.com/Dok
Chin Chin bersama ketiga anaknya, perseteruan dengan suami makin rumit. | Foto: Barometerjatim.com/Dok

SURABAYA, Barometerjatim.com – Perseteruan suami istri pemilik Empire Palace, Gunawan Angka Widjaja dan Chin Chin semakin rumit saja. Terbaru soal klaim utang piutang Gunawan kepada ibu kandungnya, Linda Anggraeni yang justru dibantah Chin Chin.

Namun kuasa hukum Gunawan, Rahmat Santoso menunjukkan sejumlah bukti kalau kliennya memang punyai mempunyai utang piutang terhadap Linda.

Di antaranya adalah laporan SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan) 2002, tercatat bahwa Gunawan melaporkan harta sebesar Rp 161 miliar.

“Bukti-bukti adanya utang piutang (SPT tahun 2002) oleh Pak Gunawan itu sudah disertakan saat di pengadilan,” katanya, Rabu (8/5/2019).

“Apakah mungkin Pak Gunawan tanpa asal-asul dan tanpa memiliki pekerjaan atau usaha yang jelas, pada saat itu memiliki harta sebesar itu? Itu semua karena pinjaman dari orang tuanya yang dikenal sebagai salah satu pengusaha ternama di Surabaya,” sambungnya.

Padahal, saat itu Gunawan tidak memiliki pekerjaan tetap dan tidak ada usaha. Waktu itu juga status Gunawan sudah menikah dengan Chin Chin, dan masih menumpang tinggal di rumah orang tua Gunawan hingga 2014 di Jl Tidar 60 Surabaya.

Rahmat menjelaskan jika utang Gunawan kepada Linda mencapai Rp 107,5 miliar terhitung sejak 1997 hingga 2002. “Nilai itu total utang selama lima tahun. Tidak benar jika disebut sebagai abal-abal seperti tayangan di televisi,” jelasnya.

Rahmat juga membeberkan, salah satu nilai utang Gunawan juga dicatat sendiri oleh Chin Chin, yakni utang pada 2001 sebesar total Rp 59,6 miliar. Namun anehnya, menurut Rahmat, utang yang sebagian ditulisnya sendiri itu, tidak diakui Chin Chin seperti yang disampaikan di sejumlah media massa.

“Penghitungan utang pada tahun 2001 itu dicatat dengan tulisan tangan sendiri oleh saudari Chin Chin, dan itu belum termasuk utang yang lain,” beber Rahmat.

Masih di 2001, selain utang Rp 59,6 miliar juga ada utang lain dalam bentuk dolar AS yang jika dirupiahkan senilai Rp 1,484 miliar. Total pada 2001, utang Gunawan pada Linda sebesar Rp 61,1 miliar dan belum ditambah dengan pinjaman pada 1997 sampai 2000, serta ditambah lagi pada 2002.

“Proses sidang saat itu sudah ada perdamaian. Kalau damai, berarti harus dibayar. Harta Pak Gunawan masih banyak, dan utang kepada ibunya memang benar-benar ada,” pungkasnya.•

» Baca Berita Terkait Chin Chin, Empire Palace