Banjir Terjang 15 Kabupaten, Apa Langkah Khofifah-Emil?

Khofifah turun ke lokasi banjir di wilayah Kabupaten Madiun. | Foto: Barometerjatim.com/abdillah hr
Khofifah turun ke lokasi banjir di wilayah Kabupaten Madiun. | Foto: Barometerjatim.com/abdillah hr

SURABAYA, Barometerjatim.com – 22 hari pasca dilantik sebagai Gubernur-Wagub Jatim, Khofifah-Emil Dardak mulai ‘disibukkan’ dengan urusan banjir tahunan yang menerjang Jatim. Apa langkah keduanya?

Emil menuturkan, langkah penanganan banjir di 15 kabupaten di Jatim diutamakan pada pertolongan lapangan. Hal itu untuk memastikan kelancaran pangan dan air bersih, ketersediaan tempat mengungsi, serta layanan kesehatan.

“Dengan dampak yang sangat luas, sudah pasti kita butuh peran serta warga untuk mengatasi keterbatasan personel dan sumber daya,” ujar Emil kepada wartawan, Kamis (7/3/2019).

Lantaran wilayah terdampak banjir cukup luas, Emil menegaskan dirinya dan Khofifah akan berbagi peran. Sejumlah agenda penting Pemprov akan ditangani Emil, selama Khofifah turun ke lokasi banjir.

“Dini hari ini saya telah dihubungi langsung Ibu Gubernur untuk menangani agenda penting beliau di kantor Pemprov, selama beliau berkonsentrasi di lapangan,” katanya.

Bahkan sejak Rabu (6/3/2019), Khofifah langsung turun ke lapangan bersama jajaran Pemprov Jatim dan pagi tadi terlihat menyusuri rumah-rumah warga di Madiun yang terendam dengan menumpangi perahu karet.

Di bawah koordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim dan Bakorwil terkait, berbagai tindakan bahkan telah dilakukan Pemprov sejak Senin (4/3/2019).

Sejumlah tindakan lapangan dilakukan, di antaranya memberikan bantuan makanan dan air mineral, termasuk sembako dan dapur umum. Lalu urusan sandang berupa selimut dan tenda serbaguna Kemensos, serta obat-obatan Dinkes.

Jumlah personel sejauh ini yang diterjunkan sebanyak 50 orang dari BPBD Jatim, 20 orang dari Dinkes Jatim, 50 orang dari Dinsos Jatim, serta personel Bakorwil terkait.

Tambahan mobilisasi personel juga terus dilakukan. BPBD provinsi kian intens berkoordinasi dengan BPBD dan pemerintah kabupaten terkait.

“Mohon doa restu agar Ibu Gubernur dan tim Pemprov diberi kesehatan dan kekuatan untuk menangani secara efektif, dan warga Jatim yang terdampak diberi kesehatan dan ketabahan,” kata Emil.•

» Baca Berita Terkait Pemprov Jatim, Bencana Alam