Awasi Kecurangan! Cak Anam: Di Atas Kertas Khofifah Menang

PERKUAT DUKUNGAN: Raker ke-4 Pergerakan Penganut Khitthah Nahdliyah (PPKN) memperkuat basis dukungan untuk Khofifah-Emil. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR
PERKUAT DUKUNGAN: Raker ke-4 Pergerakan Penganut Khitthah Nahdliyah (PPKN) memperkuat basis dukungan untuk Khofifah-Emil. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR

SURABAYA, Barometerjatim.com – Inisiator Pergerakan Penganut Khitthah Nahdliyah (PPKN) yang juga mantan Ketua PKB Jatim, Choirul Anam menegaskan, asal tidak dicurangi lagi di atas kertas pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak bakal memenangi Pilgub Jatim 2018.

“Khofifah itu di atas kertas menang, tapi di balik kertas kan belum tentu. Ini yang sedang kita lakukan dan kita bentuk relawan PPKN mulai di tingkat provinsi sampai TPS, basis TPS,” kata Cak Anam — sapaan akrabnya — usai Rapat Kerja (Raker) PPKN yang dihadiri Khofifah di Gedung Astra Nawa, Sabtu (3/2).

Raker ke-4 PPKN ini digelar, lanjut Cak Anam, selain untuk meneguhkan kembali 9 Pedoman Politik Warga NU hasil Muktamar Yogjakarta 1989, sekaligus memperkuat basis dukungan untuk Khofifah-Emil. Terutama meminimalisir potensi kecurangan di TPS.

• Baca: Khofifah Berjalan di Atas 9 Pedoman Politik Warga NU

Sementara menurut Khofifah, mereka yang hadir adalah para influencer (orang-orang yang punya pengikut) dan endorser (orang yang dikenal publik). Karena itu mereka yang tergabung dalam PPKN tidak tidak melakukan pergerakan day to day untuk menyasar komunitas tertentu.

“Kalau para influencer, para endorser itu yang didatangi oleh komunitas. Ini adalah kalangan NU kultural senior, posisinya di tengah-tengah masyarakat,” katanya.

Para influencer dan endorser yang tergabung dalam PPKN ini, lanjut Khofifah, adalah para tokoh berpengaruh di lingkungan masing-masing.

• Baca: Dimotori Cak Anam, Penganut NU Khittah Dukung Khofifah

“Mereka ini akan menjadi bagian yang bisa merakit gerakan relawan untuk mengkonversikan menjadi suara. Kira-kira gitu,” tandasnya.

Khofifah menambahkan, Raker PPKN ini sudah tiga kali dilakukan. “Karena ini sudah pertemuan yang keempat dan sebentar lagi masuk masa kampanye, maka saya akan menyampaikan presentasi dengan slide yang relatif komprehensif pada mereka. Tapi memang semuanya masih rahasia ya,” tandasnya.

Dalam Raker ini, Khofifah juga menyampaikan peta hasil survei sementara. Mulai dukungan, kawasan mana yang harus lebih banyak disapa, hingga format-format pemenangan yang akan dilakukan selama masa kampanye.