Atasi Masalah Sosial Butuh Sinkronisasi Data

SINKRONISASI PROGRAM: Rapat Sinkronisasi Program Kesejahteraan Sosial 2018 Dinsos Jatim di Hotel Papilio, Surabaya, 8-10 Maret. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR

SURABAYA, Barometerjatim.com – Butuh keselarasan dan penyelesaian bersama terkait masalah sosial, khususnya di Jawa Timur yang memiliki jumlah penduduk hampir 40 juta. Karena itu koordinasi antarsatuan tugas menjadi sangat penting.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Sosial Jatim, Dr Sukesi Apt MARS terkait pelaksanaan Rapat Sinkronisasi Program Kesejahteraan Sosial 2018 Dinsos Jatim di Hotel Papilio, Surabaya, 8-10 Maret.

“Ini bentuk mencari solusi bersama terkait penanganan PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) jalanan, telantar dan sinkronisasi data orang miskin,” paparnya, Kamis (9/3).

Kegiatan tersebut diikuti seluruh kepala bidang rehabilitasi sosial perlindungan jaminan sosial dan Dinsos se-Jatim. Selain itu ada kepala UPT Dinsos Jatim, sekretaris dan bidang penyusunan program Dinsos kabupaten/kota, serta direktur dari Kementerian Sosial sebagai upaya penyelarasan program penanganan masalah sosial.

• Baca: Soekarwo: Kemensos Bantu Turunkan Kemiskinan di Jatim

Forum ini, lanjut Sukesi, didasarkan atas kebutuhan bersama dalam rangka mendapatkan berbagai masukan, informasi dan bahan dalam rangka memaksimalkan rancangan rencana kerja SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah).

“Kegiatan ini memiliki tanggung jawab yang besar guna menghasilkan rancangan program-program yang pro rakyat, khususnya masyarakat kategori PMKS,” katanya.

Pemerintah daerah, lanjut Sukesi, mengharapkan SKPD dapat bekerja maksimal dalam menyusun program dan kegiatan yang tepat sasaran.

“Dalam hal ini Dinas Kesejahteraan Sosial juga Dinas Sosial kabupaten/kota selaku SKPD yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, khususnya penanganan PMKS dan pemberdayaan PSKS,” tuntasnya.