Senin, 15 Agustus 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Animo Tinggi Warga Jatim Berkurban di Tengah Wabah PMK: Total 439.974 Hewan Dipotong!

Berita Terkait

KURBAN: Warga di Pakisaji, Kabupaten Malang melakukan pemotongan hewan kurban. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
KURBAN: Warga di Pakisaji, Kabupaten Malang melakukan pemotongan hewan kurban. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tak menyurutkan animo warga Jatim dalam berkurban di Idul Adha. Total ada 439.974 hewan yang dipotong baik sapi, kambing, maupun domba.

Merujuk data yang dihimpun Dinas Peternakan (Disnak) Jatim, Minggu (10/7/2022), dari total 439.974 hewan tersebut, 80.286 ekor di antaranya sapi. Rincian 1.230 dipotong Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dan 79.056 di luar RPH.

Kemudian kambing sebanyak 300.150 ekor. Rincian 3.690 dipotong di RPH dan 296.460 di luar RPH. Lalu domba sebanyak 59.538 ekor dengan rincian 246 dipotong RPH dan 59.292 di luar RPH.

Kepala Disnak Jatim, Indyah Aryani menuturkan, jumlah resmi tempat pemotongan hewan kurban di Jatim yakni sebanyak 123 RPH dan 19.764 tempat di luar RPH.

“Semua tempat pemotongan hewan melalui proses ante mortem dan post mortem yang didampingi oleh petugas medik dan paramedik menggunakan baju Alat Pelindung Diri (APD) lengkap,” katanya.

Petugas inilah, lanjut Indyah, yang bertugas melakukan pengecekan terhadap seluruh hewan kurban pada Idul Adha tahun ini.

“Pada prinsipnya semua tempat pemotongan hewan terpantau dan dalam pengawasan Disnak Jatim, sehingga membuat masyarakat yang melaksanakan ibadah kurban tahun ini bisa aman dan nyaman,” jelasnya.

Sementara itu dalam pelaksanaan shalat Idul Adha tahun ini, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak melaksanakannya di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya didampingi istrinya, Arumi Bachsin dan salah seorang putrinya.

Usai shalat, Emil menyerahkan sapi kurban dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke pengelola Masjid Nasional Al Akbar. “Semoga bermanfaat untuk semua,” ujar Emil.

Sapi kurban milik Jokowi berjenis simmental dengan berat badan 1,2 ton, berusia 2,5 tahun, tinggi pundak 151 cm, panjang badan 187 cm, lingkar dada 256 cm dan dibeli dari peternak Dandy Narindra asal Desa Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Selain sapi milik Jokowi, Emil juga menyerahkan sapi dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo serta Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

» Baca berita terkait Idul Adha. Baca juga tulisan terukur lainnya Abdillah HR.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -