Anggota DPRD-Kasatpol PP Dukung Football for Peace!

LAGA PERDAMAIAN: Gus Hans (kanan) menyalami Irvan Widiyanto di acara Football for Peace Festival. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
LAGA PERDAMAIAN: Gus Hans (kanan) salami Irvan di acara Football for Peace Festival. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Anggota DPRD Surabaya dari Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Tjutjuk Supariono mendukung penuh kegiatan Football for Peace Festival yang digelar perkumpulan sepak bola Uni Papua FC (Football Community).

“Kebetulan kita kan konsen di pemuda milenial ya, jadi sangat senang sekali kami berada di sini bertemu dengan pengurus Uni Papua yang menyalurkan bibit-bibit muda dengan berkarakter,” katanya usai menghadiri pembukaan Football for Peace Festival di Surabaya, Sabtu (28/9/2019) petang.

Menurut Tjutjuk, penyaluran bibit muda yang dilakukan Uni Papua ini terbilang unik, karena benar-benar dididik supaya menjadi orang-orang yang kompeten tidak hanya di sepak bola tapi juga secara sosio-emosional.

“Unik ya, beda dengan istilahnya sekolah sepak bola biasa, keren sekali sih,” ucap politikus yang juga wakil sekretaris DPD PSI Surabaya tersebut.

Kehadiran Uni Papua yang mengusung sepak bola perdamaian di Surabaya ini juga menjadi penting, setelah beberapa waktu lalu Surabaya dan Malang disebut-sebut sebagai pemicu kerusuhan hebat di Papua.

“Jadi kemarin, hal-hal yang disebabkan kesalapahaman supaya tereduksi dengan kegiatan seperti ini. Saya secara pribadi pun berkawan dengan teman-teman di Papua, di puncak Wamena, Nabire, sampai sekarang pun kita kontak-kontak,” paparnya.

Bagi PSI, Indonesia hanya satu. “Tidak ada Jawa, tidak ada Papua, tapi Indonesia satu,” sambungya.

Kali Pertama di Surabaya

Dukungan juga disampaikan Kepala Satpol PP Kota Surabaya, Irvan Widiyanto yang mengirim timnya berpartisipasi di Football for Peace Festival.

“Kebetulan kita diundang, dan saya melihat di sini ada Football for Peace Indonesia dan ini sangat bagus, sehingga kami ikut berpartisipasi,” katanya.

Kehadiran tim Satpol PP, tandas Irvan, juga untuk membuktikan kalau di Surabaya tidak seperti gambaran yang terjadi pada beberapa peristiwa sebelumnya terkait Papua.

“Kita cinta damai, dan senang kebersamaan seperti ini. Coba dilihat, kostum memang kita desain, bahwa kita buktikan Surabaya Papua bersaudara,” katanya.

Seperti diberitakan, Football for Peace Festival di Surabaya digelar di Lapangan Sepak Bola Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Lidah Wetan.

Acara dibuka Presiden Football for Peace Interfaith Indonesia, Zahrul Azhar Asumta alias Gus Hans dan dihadiri langsung CEO Uni Papua FC, Harry Widjaja.

Di Surabaya, Football for Peace Festival digelar untuk kali pertama. Sebelumnya, acara untuk memperingati Hari Perdamaian Internasional setiap 21 September itu sudah tiga kali digelar Uni Papua di Jakarta.

» Baca Berita Terkait Satpol PP Surabaya