Jumat, 02 Desember 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Aliran Gas Bumi 5000 SR di Mojokerto Tunggu Administrasi

Berita Terkait

TUNGGU ADMINISTRASI: PT PGN menuntaskan pembangunan jaringan gas rumah tangga di Kota Mojokerto. Namun belum bisa dialirkan karena masih menunggu administrasi. | Foto: Barometerjatim.com/NATHA LINTANG
TUNGGU ADMINISTRASI: PT PGN menuntaskan pembangunan jaringan gas rumah tangga di Kota Mojokerto. Namun belum bisa dialirkan karena masih menunggu administrasi. | Foto: Barometerjatim.com/NATHA LINTANG
- Advertisement -

MOJOKERTO, Barometerjatim.com – PT Perusahaan Gas Negara (PGN) telah menuntaskan pembangunan jaringan gas rumah tangga di Kota Mojokerto. 5.000 sambungan rumah (SR) sudah diselesaikan. Hanya saja, gas belum bisa dialirkan karena masih menunggu administrasi.

Menurut Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek di Kota Mojokerto, Timbul Duffy, pembangunan jaringan gas pipa ini bagian dari penugasan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) kepada PGN melalui Dirjen Minyak dan Gas Bumi. Hal itu sesuai Kepmen ESDM Nomor 8086 K/12/MEM/2016 tanggal 29 Desember.

“Kepmen ini berisi tentang penugasan kepada PT PGN (Persero) Tbk untuk melaksanakan penyediaan dan pendistribusian gas bumi, melalui jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga tahun anggaran 2017,” kata Timbul, Kamis (7/12).

• Baca: Tiga Seksi Terakhir Selesai, Tol Sumo Siap Beroperasi Penuh

Selain Kota Mojokerto, penugasan kepada PGN dengan menggunakan dana APBN Kementrian ESDM tahun 2017 itu meliputi wilayah Kabupaten Musi Banyuasin (6.031 SR), Kota Bandar Lampung (10.321 SR) dan Rusun PUPR Kemayoran (7.426 SR).

Data di Kementerian ESDM mencatat, sejak 2009 hingga 2016, PT PGN telah melaksanakan pembangunan jaringan gas rumah tangga dengan total 185.991 SR di 14 provinsi di Indonesia meliputi 26 kabupaten/kota.

“Pengaliran gas ke sambungan pipa rumah tangga di Mojokerto rencananya akan dimulai pada awal 2018. Sumber gas tersebut dari Lapangan Gas Husky yang dioperatori CNOOC dengan volume 0,2 mmscfd,” kata Timbul.

Sebaran wilayah pemasangan jaringan gas di Kota Mojokerto meliputi Kelurahan Mentikan, Kauman, Miji, Prajurit Kulon, dan Surodinawan. Diharapkan, secara bertahap masyarakat akan dapat menikmati energi gas bumi yang bersih, lebih hemat, serta lebih ramah lingkungan.

• Baca: Belajar dari Jatim, Pemerintah Harus Perhatikan UMKM

Pengaliran gas bumi di Kota Mojokerto, menurut Timbul, sebetulnya bukan hal baru. Sebelumnya, 723 rumah di Kelurahan Wates dan Perumahan Griya Permata Ijen di Kota Mojokerto telah teraliri gas dalam program “PGN Sayang Ibu” dengan pemakaian rata-rata 11.000 m3 setiap bulannnya.

Saat ini untuk wilayah Jawa Timur, PGN telah melayani 48.159 pelanggan rumah tangga, 209 pelanggan komersial dan 475 pelanggan industri. Secara nasional PGN telah membangun pipa sepanjang lebih dari 7.270 Km pipa gas bumi.

Kemudian memasok lebih dari 1.658 industri besar dan pembangkit listrik, lebih dari 1.930 pelanggan komersial, SPBG di 10 titik, dan 204.000 pelanggan rumah tangga yang tersebar di 19 kabupaten/kota di 12 provinsi di seluruh Indonesia.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -