5 Hari Jelang Coblosan! Survei SSC: Khofifah-Emil Unggul 5,1%

SURVEI SSC, KHOFIFAH-EMIL UNGGUL: Direktur Utama Surabaya Survei Center (SSC), Mochtar W Oetomo memaparkan hasil surveinya di Surabaya, Jumat (22/6). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
SURVEI SSC, KHOFIFAH-EMIL UNGGUL: Direktur Utama Surabaya Survei Center (SSC), Mochtar W Oetomo memaparkan hasil surveinya di Surabaya, Jumat (22/6). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – Tanda-tanda Khofifah-Emil Dardak bakal memenangi Pilgub Jatim 2018 kian terang. Lima hari jelang coblosan, hasil survei sejumlah lembaga mencatat pasangan nomor urut satu tersebut kian jauh melewati rivalnya, Saifullah Yusuf-Puti Guntur.

Hasil Survei Surabaya Survey Center (SSC) periode Juni 2018, misalnya. Khofifah-Emil meraih elektabilitas 47,2 persen atau unggul 5,1 persen dari Saifullah-Puti (42,1 persen) dan 10,7 persen sisanya undecided voters.

Survei dilakukan pada 4-13 Juni 2018 di 38 kabupaten/kota di Jatim. Menggunakan metode multistage random sampling dengan wawancara tatap muka, margin of error kurang lebih 3 persen, level of confidence 95 persen dan jumlah sampel 1.070 responden. Sebagai bentuk kendali mutu, survei di lengkapi spot check, callback hingga intensive control.

• Baca: 3 Lembaga Survei: Massa PKB Ramai-ramai Pilih Khofifah-Emil

Direktur riset SSC, Moh Edy Marzuki menuturkan, hasil survei periode Juni 2018 ini menunjukkan peningkatan cukup signifikan sekaligus mengejutkan diperoleh Khofifah-Emil, yakni sebesar 6,1 persen.

Tren peningkatan jika dilihat pada April 2018, elektabilitas Khofifah-Emil masih 41,1 persen dan pada Juni 2018 memperoleh 47,2%. Sebaliknya, tren peningkatan elektabilitas Saifullah-Puti hanya 2,9 persen dari perolehan 39,2 persen meningkat 42,1 persen dalam kurun waktu yang sama.

Khofifah-Emil juga mengungguli Saifullah-Puti hampir di semua level kategori. Di kategori generasi, gender dan pendidikan, misalnya. Jika pada April 2018 Saifullah-Puti memenangkan dukungan dari generasi X dan baby boomers, kali ini Khofifah-Emil telak memenangkan hati semua generasi untuk mendukung kemenangannya.

Emil-Puti ‘Pegang Kunci’

KHOFIFAH-EMIL NAIK SIGNIFIKAN: Tracking elektabilitas Cagub-Cawagub Jatim. Pasangan Khofifah-Emil naik signifikan jelang coblosan, 27 Juni 2018. | Grafis: Hasil Survei SSC
KHOFIFAH-EMIL NAIK SIGNIFIKAN: Tracking elektabilitas Cagub-Cawagub Jatim. Pasangan Khofifah-Emil naik signifikan jelang coblosan, 27 Juni 2018. | Grafis: Hasil Survei SSC

Dari segi popularitas Cagub, Khofifah meraih 97 persen atau mengungguli Saifullah (96,8 persen). Begitu pula dengan akseptabilitas, Khofifah yang meraih 89,9 persen juga mengungguli Saifullah (85,3 persen).

Menurut Direktur Utama SSC, Mochtar W Oetomo, dengan meraih angka 90 persen lebih, maka kedua Cagub bisa dibilang sudah pada puncak popularitas.

“Logika politik, seseorang yang sudah menyentuh popularitas 90 persen lebih itu sudah puncak popularitasnya. Karena tidak mungkin seseorang akan populer 100 persen, apalagi wilayah Jatim sangat luas, sangat mustahil semua masyarakat Jatim mengenalnya,” ujarnya.

• Baca: Survei Cawagub: Emil Ungguli Puti Hampir di Semua Kategori

Karena itu, tambahan raihan suara dari kedua paslon tinggal berharap dari Cawagub. Siapa di antara kedua Cawagub yang mampu merebut simpati publik Jatim, dialah yang akan memenangkan Pilgub.

Merujuk hasil survei SSC, untuk popularitas Cawagub, Emil yang meraih 69,8 persen masih mengungguli Puti (58,6 persen). Begitu pula soal akseptabilitas, Emil meraih 58,9 persen, sedangkan Puti hanya 48,5 persen.

Menurut Mochtar, di sisa waktu yang ada, baik Emil maupun Puti perlu meningkatkan lagi popularitas dan akseptabilitasnya untuk meningkatkan perolehan suara saat coblosan 27 Juni nanti.