Selasa, 04 Oktober 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

4 Prediksi Skenario SSC, 3 Menangkan Eri Cahyadi-Armuji!

Berita Terkait

PILWALI SURABAYA: Empat prediksi skenario SSC di Pilwali Surabaya, tiga menangkan Eri Cahyadi-Armuji. | Sumber Data: Survei SSC
PILWALI SURABAYA: Empat prediksi skenario SSC di Pilwali Surabaya, tiga menangkan Eri Cahyadi-Armuji. | Sumber Data: Survei SSC
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Jelang coblosan Pilwali Surabaya 2020, hasil survei lembaga Surabaya Survey Center (SSC) mencatat progres elektabilitas pasangan Eri Cahyadi-Armuji melesat tajam dan berpeluang besar memenangi kontestasi.

Menurut Direktur Riset SSC, Edy Marzuki, sejak September progres yang ditunjukkan Eri-Armuji jauh lebih signifikan ketimbang rivalnya, Machfud-Mujiaman.

“Di bulan September, elektabilitas paslon ini berada di 42,5 persen dan saat ini di November berada di 49,9 persen. Progres mereka begitu pesat dan berada di angka 3,1 persen,” paparnya.

Sebaliknya Machfud-Mujiaman, selama tiga bulan ini progres elektabilitasnya hanya 1,4 persen. “Di bulan September elektabilitas mereka di angka 33,7 persen dan di November hanya di kisaran 38,1 persen,” ucap Edy.

Di sisi lain, undecided voters (belum menentukan pilihan) terus berkurang seiring berjalannya waktu. Pada September masih 23,8 persen dan saat ini jumlah mereka yang belum menentukan pilihan tinggal 12 persen.

Merujuk temuan tersebut, Edy membeber SSC memiliki empat prediksi skenario yang akan terjadi di Pilwali Surabaya 2020. Tiga dari empat skenario tersebut memenangkan pasangan Eri-Armuji.

“Pertama, jika suara undecided voters dianggap golput maka Eri-Armuji unggul dengan 56,7 persen dan Machfud-Mujiaman 43,3 persen,” katanya.

Kedua, jika seluruh undecided voters melimpah ke Eri-Armuji maka pasangan ini unggul 61,9 persen dan Machfud-Mujiaman hanya mendapatkan 38,1 persen.

Ketiga, jika undecided voters terbagi rata pada dua pasangan calon, maka Eri-Armuji unggul dengan 55,9 persen dan Machfud-Mujiaman hanya mengantongi 44,1 persen.

Bagaimana dengan skenario yang memenangkan Machfud-Mujiaman? Menurut Edy, hanya ada satu skenario yang mungkin. Yakni jika seluruh undecided voters melimpah ke pasangan nomor urut dua tersebut.

“Maka mereka bisa unggul 50,1 persen, sementara Eri-Armuji mengantongi 49,9 persen,” tandas Edy.

Survei SSC yang mengambil 880 responden ini dilakukan pada 19-24 November 2020 di 31 kecamatan di Surabaya dan dirilis Rabu (2/12/2020). Metode yang digunakan stratified multistage random sampling, margin of error lebih kurang 3,3 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Swing Voters Tinggi

PILWALI SURABAYA: 58,1% pemilih memastikan pilihannya mantap, 41,9% lainnya bisa berubah. | Sumber Data: Survei SSC
PILWALI SURABAYA: 58,1% pemilih memastikan pilihannya mantap, 41,9% lainnya bisa berubah. | Grafis dan Sumber Data: Survei SSC

Dalam survei SSC, sebagian besar responden juga memastikan diri tidak akan berubah pilihan. “Sebanyak 58,1 persen sudah memastikan pilihannya mantap. Sedangkan 41,9 persen lainnya masih mungkin akan berubah pilihan,” ujar Ikhsan Rosidi, peneliti senior SSC.

Terkait keberadaan strong voters di masing-masing paslon, Ikhsan mengungkapkan jika di kubu Eri-Armuji 69,9 persen responden memastikan diri tidak akan berubah pikiran dan 30,1 persen sisanya masih mungkin berubah.

“Di kubu Machfud-Mujiaman, 55,5 persen memastikan tidak akan berubah pikiran, dan 44,5 persen lainnya masih mungkin berubah. Terlihat, swing voters di kubu Machfud-Mujiaman masih lebih besar,” ujar Ikhsan.

» Baca Berita Terkait Pilwali Surabaya

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -