4 Hari Pasca Insiden Gubeng Ambles, Belum Ada Tersangka!

Ali Mochtar Ngabalin (kiri) bersama Irjen Pol Luki Hermawan (kanan) tinjau lokasi jalan ambles. | Foto: Ist
Ali Mochtar Ngabalin (kiri) bersama Irjen Pol Luki Hermawan (kanan) tinjau lokasi jalan ambles. | Foto: Ist

SURABAYA, Barometerjatim.com – Belum ada tersangka dalam insiden jalan ambles di Raya Gubeng Surabaya. Hingga empat hari pasca peristiwa tersebut, pengusutan yang dilakukan Polda Jatim masih dalam tingkat penyelidikan.

Meski demikian, tim investigasi yang diketuai Brigjen Pol Toni Harmanto, sudah menemukan petunjuk adanya perbuatan melawan hukum pada proyek basement atau parkir bawah tanah Rumah Sakit (RS) Siloam.

Proyek perluasan fasilitas RS Siloam yang dikerjakan kontraktor PT Nusa Konstruksi Enjiniring (KNE) tersebut, diduga kuat melakukan kesalahan teknis yang menyebabkan jalan ambles.

Lantaran masih tahap penyelidikan, Toni menegaskan kepolisian belum menetapkan tersangka. “Belum (ada tersangka), masih dalam penyelidikan mendalam,” katanya usai Apel Pasukan Lilin Semeru Pengamanan Natal dan Tahun Baru di Mapolda Jatim, Surabaya, Jumat (21/12).

Toni yang juga Wakil Kepala Polda Jatim itu menambahkan, hingga kini pihaknya sudah memeriksa 34 saksi untuk dimintai keterangan dan akan terus dikembangkan dengan meminta keterangan saksi lainnya.

“Saksi berkaitan dengan kontraktornya, sub kontraktor, termasuk saksi-saksi lingkungan,” tandas Toni.

Tim investigasi, lanjutnya, terus bekerja keras mengumpulkan bukti dan fakta hukum yang menguatkan untuk melengkapi petunjuk adanya perbuatan melawan hukum.

Pada bagian lain, proses recovery jalan ambles juga terus dilakukan. Puluhan truk pengangkut pasir dan batu serta sejumlah peralatan berat, terlihat hilir mudik di lokasi untuk melakukan pengurukan dan penimbunan.

Atensi Presiden Jokowi

Sebelumnya, insiden jalan ambles ini mendapat atensi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Secara khusus, presiden memerintahkan Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin untuk meninjau lokasi, Kamis (20/12).

“Dari sini saya akan segera membuat laporan untuk disampaikan ke presiden, supaya permasalah ini segera diselesaikan,” kata Ngabalin usai meninjau lokasi amblesan didampingi Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan. •

» Baca Berita Terkait Gubeng Ambles, Polda Jatim