369 Kades di Lamongan Dilantik, Jumlah Terbanyak se-Indonesia

PELANTIKAN KADES: Bupati Fadeli lantik 369 Kades di Pendopo Lokatantra, Kamis (7/11/2019). | Foto: Humas Pemkab Lamongan
PELANTIKAN KADES: Bupati Fadeli lantik 369 Kades di Pendopo Lokatantra, Kamis (7/11/2019). | Foto: Humas Pemkab Lamongan

LAMONGAN, Barometerjatim.com – 369 kepala desa (Kades) terpilih hasil Pilkades serentak 15 September lalu, dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Lamongan Fadeli di Pendopo Lokatantra, Kamis (7/11/2019).

Bisa jadi, ini merupakan pelantikan Kades terbanyak di Indonesia yang dilakukan dalam satu waktu.

369 Kades tersebut berasal dari Kecamatan Glagah sebanyak 21 desa, Kecamatan Lamongan dan Paciran masing-masing 11 desa, Kecamatan Solokuro 6 desa, Kecamatan Sambeng 19 desa, dan Kecamatan Mantup 12 desa.

Lalu Kecamatan Deket dan Maduran masing-masing 13 desa dan Kecamatan Sugio 18 desa. Kemudian Kecamatan Tikung, Sukorame, Bluluk, Brondong, Kedungpring dan Sarirejo masing-masing 8 desa.

Selanjutnya 14 desa masing-masing dari Kecamatan Turi dan Ngimbang, 17 desa masing-masing dari Kecamatan Karangbinangun dan Sekaran, 15 desa masing-masing dari Kecamatan Modo, Sukodadi, Laren dan Babat, 16 desa masing-masing dari Kecamatan Kalitengah, Kembangbahu dan Pucuk.

Dari jumlah tersebut masih didominasi Kades laki-laki dan 22 sisanya Kades perempuan.

Realisasikan Visi-Misi

KADES PEREMPUAN: Salah seorang Kadesperempuan yang dilantik Bupati Fadeli. | Foto: Humas Pemkab Lamongan
KADES PEREMPUAN: Salah seorang Kadesperempuan yang dilantik Bupati Fadeli. | Foto: Humas Pemkab Lamongan

Fadeli, dalam sambutannya mengajak seluruh Kades terlantik untuk segera merealisasikan visi-misi yang menjadi program saat kampanye.

Dia juga mengharapkan para Kades dapat mempercepat laju kemajuan desa, karena letak kemajuan Lamongan ada pada kemajuan desa-desanya.

“Kepala desa harus mempercepat laju kemajuan desa. Mari kita memanfaatkan potensi yang dimiliki desa untuk memberdayakan warga desa,” ujarnya.

Tak hanya itu, Fadeli juga mengimbau Kades untuk segera merangkul lawan-lawannya saat Pilkades lalu, karena membangun desa harus bersatu dan dilakukan bersama-sama.

Dalam Pilkades serentak lalu, terdapat 385 Kades terpilih. Seorang Kades belum bisa dilantik secara serentak karena sakit, dan sisanya karena masa jabatannya belum berakhir dan baru dilantik Januari tahun depan.

» Baca Berita Terkait Pemkab Lamongan