30 Hari, 4 Kali Khofifah Blusukan dengan Motor

NAIK MOTOR: Khofifah dibonceng salah seorang personel wanita Tagana saat mengunjungi wilayah terdampak banjir bandang di Dusun Deles, Desa Citrosono, Kecamatan Grabag, Magelang. | Foto: IST

MAGELANG, Barometerjatim.com – Genap 30 hari sejak naik motor saat mengunjungi lokasi dan korban longsor di Dusun Tingkil, Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, 2 April lalu, Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa kembali naik motor dalam kunjungan kerjanya di Magelang, Jawa Tengah, Selasa (2/5).

Khofifah hadir di Magelang untuk mengunjungi wilayah terdampak banjir bandang di Dusun Deles, Desa Citrosono, Kecamatan Grabag. Sebelumnya terlebih dahulu dia menjenguk korban selamat di RSUD Tidar.

Dalam kesempatan tersebut, Mensos menyerahkan bantuan sosial santunan ahli waris, luka berat dan logistik korban banjir bandang. Bantuan secara simbolis diberikan di Aula Kecamatan Grabag.

Total bantuan yang diberikan yakni Rp 321 juta terdiri dari santunan kematian bagi 13 ahli waris korban meninggal sejumlah Rp 195 juta, korban luka Rp 15 juta untuk tiga orang dan bantuan logistik Rp 116,5 juta.

• Baca: Beda Cara: Khofifah Naik Motor, Gus Ipul Pilih Helikopter

Selepas penyerahan bantuan, Khofifah dan rombongan langsung menuju titik lokasi bencana menggunakan motor trail sejauh kurang lebih tiga kilometer. Khofifah dibonceng salah seorang personel wanita Taruna Siaga Bencana (Tagana). Kondisi jalan yang terjal, sempit dan licin cukup membuat Mensos dan rombongan kerepotan.

Ini adalah kali keempat Khofifah dalam kunjungan kerjanya mengendari motor. Pertama, 2 April, saat mengunjungi lokasi dan korban longsor di Dusun Tingkil, Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo.

Gaya merakyat Khofifah itu mengundang decak kagum masyarakat dan viral di media, terlebih di saat yang sama Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) justru memilih naik helikopter ke lokasi longsor.

• Baca: Dibonceng Ajudan, Mensos Naik Motor Tembus Kemacetan

Kedua, 10 April, Khofifah kembali naik motor saat mengunjungi lokasi serta korban longsor di Dusun Dlopo, Desa Kepel dan Dusun Jati, Desa Blongko Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk.

Ketiga, 16 April, Khofifah memilih keluar dari mobil dan naik motor agar hadir tepat waktu di tengah kemacetan jalanan Jakarta saat meresmikan Pekan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-42 dan menetapkan TMII sebagai Wahana Pembentukan Jiwa dan Sikap Kesetiakawanan Sosial di Kuncungan Pendopo Agung Sasono Utomo TMII.

Dan, keempat, saat mengunjungi wilayah terdampak banjir bandang di Dusun Deles, Desa Citrosono, Kecamatan Grabag. Meski mengundang decak kagum, Khofifah mengomentari santai aksinya naik motor, “Ah, biasalah. Saya sudah sering melakukannya (naik motor) saat kunker,” katanya usai naik motor di Ponorogo.

Ajak Korban Bershalawat

BERSAMA WARGA: Khofifah didampingi warga saat mengunjungi wilayah terdampak banjir bandang di Dusun Deles, Desa Citrosono, Kecamatan Grabag, Magelang. | Foto: IST

Selain menyerahkan bantuan sosial dan menjenguk korban selamat di Magelang, Khofifah juga menyambangi dapur umum lapangan (Dumlap) yang menyediakan makanan bagi para pengungsi. Setelah itu dilanjut mengunjungi Pondok Anak Ceria (PAC) yang didirikan Kementerian Sosial.

Di tempat tersebut Khofifah mengajak anak-anak korban banjir bandang bermain dan bershalawat. Khofifah juga membagikan mainan dan makanan ringan untuk menghibur anak-anak tersebut.

• Baca: Tanggap Bencana, Khofifah Lebih Cepat dari Gus Ipul

“Apa yang bapak-ibu rasakan, saya juga turut merasakan. Semoga kejadian seperti ini tidak berulang kembali. Bagi keluarga korban meninggal semoga diberi ketabahan, kekuatan dan kesabaran. Semoga khusnul khatimah,” tuturnya.

Lebih lanjut, Khofifah mengajak seluruh masyarakat Dusun Deles, Desa Citrosono, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, untuk segera bangkit dari kejadian duka banjir bandang ini.

“Banjir bandang adalah salah satu ujian dari Tuhan. Jika kita bisa melewati ujian dengan lapang dada, Insyaallah kita akan semakin ditinggikan derajatnya di hadapan Allah,” imbuhnya.

KISAH KHOFIFAH & NAIK MOTOR

2 April 2017 – Saat mengunjungi lokasi dan korban longsor di Dusun Tingkil, Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo.
10 April 2017 – Saat mengunjungi lokasi serta korban longsor di Dusun Dlopo, Desa Kepel dan Dusun Jati, Desa Blongko Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk.
16 April 2017 – Saat meresmikan Pekan HUT ke-42 dan menetapkan TMII sebagai Wahana Pembentukan Jiwa dan Sikap Kesetiakawanan Sosial.
2 Mei 2017 – Saat mengunjungi wilayah terdampak banjir bandang di Dusun Deles, Desa Citrosono, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang.